visitaaponce.com

Malaysia Bisa Jadi Alternatif Perjalanan Wisata Kesehatan

Malaysia Bisa Jadi Alternatif Perjalanan Wisata Kesehatan
Negeri jiran Malaysia bisa jadi salah satu alternatif bagi masyarakat Indonesia yang ingin melakukan perjalanan wisata kesehatan.(Ist)

NEGERI jiran Malaysia bisa jadi salah satu alternatif bagi masyarakat Indonesia yang ingin melakukan perjalanan wisata kesehatan.

Ini tidak lepas dari sejumlah penghargaan global yang diterima, termasuk Destination of the Year oleh International Medical Travel Journal (IMTJ), otoritas perjalanan kesehatan berbasis di Inggris, beberapa kali.

Malaysia Healthcare menegaskan mereka menyambut wisatawan kesehatan untuk mengambil keuntungan dari berbagai macam penawaran pemeriksaan kesehatan komprehensif.

Baca juga : Pacu Health Tourism, Malaysia Healthcare Gelar Edukasi Kesehatan

"Kami juga terus memperkuat reputasi sebagai destinasi pilihan untuk perawatan kesehatan dan liburan," ujar Chief Executive Officer (CEO) Malaysia Healthcare Mohd Daud Mohd Arif, melalui keterangan tertulis, Jumat (2/6).

Dia menerangkan dalam satu dekade terakhir, Malaysia kedatangan lebih dari 10 juta wisatawan kesehatan, termasuk wisatawan Indonesia.

Penang, salah satu negara bagian utara Malaysia misalnya, dikunjungi hampir 145 ribu wisatawan kesehatan dalam 11 bulan pertama 2022, yang lebih dari separuhnya berasal dari Indonesia.

Baca juga : Halodoc Hadirkan Manfaat Pembayaran Cashless di Sunway Medical Centre Malaysia

Baru-baru ini, wisatawan kesehatan asal Indonesia yakni Kelvin Kosasih dan Nico Putra Budiman, misalnya mengunjungi Penang untuk menjalani pemeriksaan gigi dan kesehatan di Penang Adventist Hospital dan Island Hospital.

Kelvin mengapresiasi layanan pasien internasional rumah sakit lantaran kepraktisannya yang luar biasa, serta ada komunikasi yang jelas antara pasien dan staf.

"Saya harus memberikan apresiasi kepada layanan pasien internasional. Mereka membuat komunikasi menjadi sangat mudah. Mereka memastikan saya memahami setiap langkah dari proses tersebut dan semua baik," katanya.

Baca juga : Optimalkan Layanan Pasien, CVSKL Kerja Sama dengan Perusahaan Transportasi dan Hotel

Nico Putra Budiman juga memuji pemeriksaan kesehatan dan gigi secara komprehensif di Island Hospital.

"Saya amat menyukai bagaimana Island Hospital menggunakan teknologi canggih. Fasilitasnya saling berdekatan dan saya tidak perlu berjalan jauh! Prosedur pemeriksaan kesehatan dan gigi saya berjalan lebih lancar dari yang saya harapkan," urainya.

Mohd Daud Mohd Arif menambahkan selain pemeriksaan yang disesuaikan usia, jenis kelamin, serta masalah kesehatan yang ada, para wisatawan kesehatan bisa memilih menambahkan prosedur gigi dan kosmetik serta pemeriksaan penyakit tertentu seperti jantung, kanker, dan hepatitis C. 

Baca juga : Operasi Penggantian Sendi Lutut, Solusi Atasi Osteoartritis

"Tanpa perlu menunggu lama, mereka dapat memanfaatkan waktu sepenuhnya di Malaysia untuk menikmati berbagai tempat wisata," tutup dia. (RO/S-2)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat