visitaaponce.com

Sejumlah Wilayah Masih Berpotensi Diguyur Hujan Sepekan ke Depan

Sejumlah Wilayah Masih Berpotensi Diguyur Hujan Sepekan ke Depan
Ilustrasi hujan(Medcom)

BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan dalam seminggu ke depan masih ada wilayah yang berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Deputi Bidang Meteorologi Guswanto menjabarkan, wilayah yang berpotensi diguyur ujan sedang hingga lebat pada 4 Juli sampai 6 Juli 2023 di antaranya sebagian Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, sebagian Jawa Tengah dan Jawa Timur, sebagian Bali dan Nusa Tenggara, sebagian Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur dan sebagian Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan.

"Sementara itu, pada periode 7 sampai 10 Juli 2023 wilayah-wilayah yang berpotensi diguyur hujan ialah sebagian Sumatra Selatan, Bangka Belitung, Lampung, sebagian Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur," kata Guswanto, Selasa (4/7).

Baca juga : Hujan di Musim Kemarau, Begini Penjelasan BMKG

Selain itu sebagian Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, sebagian Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, sebagian Maluku, Papua Barat dan Papua.

"Terkait hal tersebut, BMKG mengimbau kepada warga masyarakat terdampak terutama di wilayah yang masuk wilayah bahaya untuk meningkatkan kewaspadaan dan menyiapkan upaya mitigasi terhadap potensi hujan lebat hingga sangat lebat di sekitarnya," beber dia.

Baca juga : Pemanasan Naik 1 Derajat Celsius, Hujan Ekstrem Lebih Besar

Guswanto melanjutkan, bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini dan lebih rinci wilayahnya hingga level kecamatan dapat langsung mengakses kanal informasi BMKG:

1. Website https://www.bmkg.go.id

2. Akun media sosial @infobmkg

3. Aplikasi iOS dan android "Info BMKG"

4. Call center 196 BMKG

5. Atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat