visitaaponce.com

Hujan di Musim Kemarau, Begini Penjelasan BMKG

Hujan di Musim Kemarau, Begini Penjelasan BMKG
Ilustrasi(Freepik)

BERDASARKAN data analisis cuaca yang dilakukan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) masih terdapat potensi hujan di sebagian wilayah Kepulauan Riau, Jambi, Kalimantan Barat dan Bali.

Sedangkan hujan ringan sampai sedang terjadi di sebagian Aceh, Riau, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku dan Papua.

Terkait dengan masih adanya hujan di musim kemarau, Deputi Bidang Meteorologi Guswanto memaparkan, perlu dipahami bahwa cuaca dan iklim di wilayah Indonesia dipicu oleh berbagai faktor dinamika atmosfer mulai dari skala global hingga regional dan lokal.

Baca juga : Separuh Wilayah Indonesia Memasuki Musim Kemarau

Hingga awal Juli ini faktor dinamika atmosfer global yang aktif adalah El Nino dengan kategori Lemah.

"Sedangkan berdasarkan analisis terakhir, ada beberapa faktor dinamika atmosfer skala regional hingga lokal yang saat ini berperan cukup signifikan dalam memicu peningkatkan pertumbuhan awan hujan," kata Guswanto, Selasa (4/7).

Baca juga : El Nino dan La Nina, Bedanya Dimana?

Hal itu yang kemudian menyebabkan dalam sepekan ini masih terjadi potensi hujan di beberapa wilayah dan bahkan dalam beberapa hari kedepan masih cukup aktif di wilayah Indonesia.

"Beberapa faktor dinamika atmosfer tersebut antara lain adanya aktifitas gelombang Kelvin dan Rossby ekuatorial di sekitar wilayah Indonesia yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan," beber Guswanto.

Selain itu, terjadinya pola belokan dan perlambatan angin di sekitar wilayah Indonesia bagian utara yang dipicu oleh adanya pola sirkulasi di sekitar Laut China selatan dan utara Sulawesi.

"Kondisi ini dapat turut memicu peningkatan pertumbuhan awan hujan," imbuh dia. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat