visitaaponce.com

Sebanyak 472 Benda Bersejarah dari Belanda akan Disimpan di Museum Nasional Jakarta

Sebanyak 472 Benda Bersejarah dari Belanda akan Disimpan di Museum Nasional Jakarta
Tampak depan Museum Nasional Indonesia tempat objek bersejarah dari Belanda akan disimpan.(Dok. Museum Nasional Indonesia)

DIREKTUR Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ristek, Hilmar Farid mengungkapkan pada Senin 10 Juli 2023 akan ada penyerahan benda peninggalan sejarah dari Belanda. Setidaknya 472 benda bersejarah yang akan dikembalikan Belanda itu akan disimpan di Museum Nasional Indonesia, Jakarta.

"Senin 10 Juli 2023 akan ada acara penyerahan benda peninggalan sejarah yang dibawa secara tidak sah di masa kolonial," kata Hilmar saat dikonfirmasi Sabtu (8/7).

Dari pihak Belanda ada Menteri Muda Urusan Kebudayaan dan Media Gunay Uslu, dan dari pihak Indonesia diwakili oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ristek, Duta Besar RI di Den Haag Mayerfas, dan tim repatriasi.

Baca juga: Kepulangan Benda Sejarah RI dari Belanda Harus Dibarengi dengan Kesiapan Pengetahuan Bangsa

Dalam acara itu juga akan ditandatangani prosedur dan segi teknis pengembalian koleksi. Sekitar 472 objek benda budaya penting peninggalan sejarah akan dikembalikan Pemerintah Belanda kepada Indonesia. Saat ini ratusan benda budaya tersebut menjadi koleksi Museum Nasional Kebudayaan Dunia di Leiden dan Rijksmuseum di Amsterdam, Belanda.

"472 obyek ini adalah tahap pertama dan rencananya dipulangkan sekaligus. Setelah ini akan ada sejumlah objek lain," ucapnya.

"Tentu akan makan waktu untuk mengurus semua dokumen dan lain-lain baik di sana (Belanda) maupun di sini (Indonesia), tapi kita harapkan dalam waktu tidak terlalu lama sudah bisa dilaksanakan," ujarnya.

Baca juga: Belanda Kembalikan Ratusan Objek Seni yang Dicuri Selama Era Kolonial

Ia mengatakan semua koleksi yang dikembalikan oleh pemerintah Belanda akan disimpan di Museum Nasional Indonesia, Jakarta.

"Seluruh koleksi yang dikembalikan akan disimpan di Museum Nasional," pungkasnya.

Pengembalian Objek Rampasan

Sebelumnya, pemerintah Belanda menyatakan akan mengembalikan ratusan objek seni bernilai sejarah yang telah dicuri, dirampok, atau dipindahtangankan secara tidak sah lainnya selama masa kolonial. Penyerahannya akan dilakukan pada 10 Juli di Leiden.

Keseluruhan objek meliputi Harta Karun Lombok yang terdiri dari 335 objek dari Lombok, kemudian empat arca dari Singasari, sembilan keris dari Klungkung dan 132 benda seni rupa modern dari Bali yang dikenal dengan koleksi Pita Maha.

"Atas permintaan Indonesia dan Sri Lanka, Belanda akan mengembalikan 472 objek budaya penting ke Indonesia dan enam lainnya ke Sri Lanka. Benda-benda itu dibawa secara tidak sah ke Belanda selama masa kolonial, diperoleh di bawah paksaan atau dengan penjarahan," ungkap keterangan resmi Kedutaan Besar Belanda di Jakarta, Kamis (6/7).

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat