visitaaponce.com

Dewan Profesor Universitas Sebelas Maret Kunjungi Fakultas Psikologi UP

Dewan Profesor Universitas Sebelas Maret Kunjungi Fakultas Psikologi UP
Fakultas Psikologi Universitas Pancasila mendapatkan kunjungan dari Ketua Dewan Profesor UNS Prof Dr Suranto Tjiptowibisono MSc PhD.(Ist)

FAKULTAS Psikologi Universitas Pancasila (UP) mendapatkan kunjungan dari Dewan Profesor Universitas Sebelas Maret (UNS) yaitu Ketua Dewan Profesor Universitas Sebelas Maret Prof Dr Suranto Tjiptowibisono MSc PhD beserta tiga orang mahasiswa.

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk benchmarking implementasi nilai-nilai Pancasila di perguruan tinggi.

Baca juga: UNS Terima 3.649 Mahasiswa Jalur SNBT 2023, Farmasi dan Bisnis Digital Terketat

Kunjungan ini dilakukan sebagai salah satu implementasi dari kerja sama antara Fakultas Psikologi UP dan Universitas Sebelas Maret, demikian siaran pers Universitas Pancasila, Rabu (19/7).

Kunjungan dari Universitas Sebelas Maret diterima langsung oleh Dekan Fakultas Psikologi Universitas Pancasila Dr Silverius Y Soeharso SE MM MPsi Psikolog.

Dekan Fakultas Psikologi Universitas Pancasila Dr Silverius Y Soeharso SE MMPsi menyatakan betapa pentingnya masyarakat dapat mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam segala aspek kehidupan.

Salah satunya dalam bidang pendidikan sebagaimana yang telah dilakukan oleh Universitas Pancasila. Hal ini dinilai dekan penting untuk terus ditanamkan pada mahasiswa.

Baca juga: Pendidikan Tinggi Harus Optimistis Bangun Indonesia Maju

Sebagaimana diketahui, Pancasila dapat menjadi landasan dalam mengatasi berbagai permasalahan yang ditemukan pada masyarakat.

Dengan menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam tataran pendidikan, mahasiswa dapat dilatih untuk mengatasi permasalahan, hingga mengembangkan dan terus memajukan Indonesia berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila.

Wakil Dekan I Fakultas Psikologi Universitas Pancasila Aully Grashinta MSi Psikolog menjelaskan nilai-nilai Pancasila memang cukup kental dalam praktik pengajaran di Universitas Pancasila, salah satunya adalah adanya mata kuliah Pancasila (MKWK Semester 1) dan mata kuliah Kepancasilaan (Semester 5).

Baca juga: Kemendikbudristek Ungkap Kunci Penting Perguruan Tinggi Hadapi Tantangan Masa Depan

Selain itu, mahasiswa Fakultas Psikologi UP juga diwajibkan untuk melafalkan Pancasila sebelum melakukan sidang skripsi.

Pada proses pembelajaran di kelas sehari-hari, 5-10 menit awal perkuliahan juga akan digunakan dosen untuk melakukan pendidikan karakter Pancasila melalui berbagai kegiatan sederhana dan menarik, seperti games terkait Pancasila.

Setelah diskusi selesai, kegiatan pun ditutup dengan kunjungan ke enam rumah ibadah yang dimiliki UP.

Adapun keenam rumah ibadah itu adalah Masjid At-Taqwa, Gereja Katolik Santo Petrus, Graha Layanan Kristen, Vihara Dhamma Sasana, Pura Widya Santika, dan Klenteng Kebajikan Agung. (Ant/S-2)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat