visitaaponce.com

Menteri PPPA Sebut Banyak Hak Dasar Anak belum Terpenuhi

Menteri PPPA Sebut Banyak Hak Dasar Anak belum Terpenuhi
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga.(ANTARA/Andreas Fitri Atmoko)

MENTERI Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga menyadari masih banyak hak dasar anak yang belum terpenuhi. Hal itu bisa diukur dengan masih tingginya angka kekerasan terhadap anak, pernikahan usia dini, dan banyak anak mengalami stunting.

Meski semua hak dasar dijamin dalam konstitusi, ia mengatakan masih harus ada upaya dan kerja keras semua pihak untuk dapat bersama-sama memenuhi hak dasar anak.

Baca juga: Hari Anak Nasional, 72 Tahanan Peroleh Remisi Khusus

“Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang, serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Pemerintah, dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2020-2024, juga menekankan kebijakan untuk meningkatkan kualitas hidup anak dengan menciptakan negara ramah anak serta memperkuat sistem keuangan pemerintah yang responsif terhadap pemenuhan hak-hak anak sesuai keragaman budaya dan kondisi geografis yang ada,” jelas Bintang kepada Media Indonesia, Senin (24/7).

Pemenuhan hak anak, kata Bintang, memerlukan sinergi dan kolaborasi yang kuat antarpemangku kepentingan. Ia mengharapkan seluruh kementerian dan lembaga yang terkait dapat ikut berkontribusi dalam menjalankan tugasnya memenuhi hak dasar anak.

Baca juga: Bagaimana Nasib Pengendalian Tengkes di Tahun Politik? Ini Kata Pakar

“Tentunya keberhasilan dalam memastikan kesejahteraan anak adalah hasil dari seluruh kementerian/lembaga yang berkontribusi sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Kesejahteraan anak Indonesia juga dapat ditinjau melalui tingkat kualitas fisik maupun mental anak. Setidaknya ada lima indikator kesejahteraan anak mengacu pada Konvensi Hak Anak yaitu dimensi kelangsungan hidup, perlindungan, tumbuh kembang, partisipasi, dan identitas,” tandasnya. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat