visitaaponce.com

Sengkarut PPDB, Nadiem Itu Kebijakan Pak Muhadjir Effendy

Sengkarut PPDB, Nadiem: Itu Kebijakan Pak Muhadjir Effendy
Mendikbud Ristek Nadiem Makarim dalam talk show Belajaraya 2023, bertajuk Semua Punya Peran Nyata untuk Pendidikan di Pos Bloc, Jakarta.(MGN/Kautsar Widya Prabowo)

MENTERI Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim menegaskan seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) bukan programnya. Melainkan kebijakan yang dilahirkan Muhadjir Effendy saat menjadi Mendikbud.

"Tapi itu kita sebagai satu tim merasa ini adalah suatu kebijakan yang sangat penting yang udah pasti bakal merepotkan saya," ujar Nadiem saat acara Ngobrol Publik bertajuk semua punya peran nyata untuk pendidikan, di acara Belajaraya 2023, di Pos Bloc, Jakarta Pusat, Sabtu, 29 Juli 2023. 

Dia menyebut hanya melanjutkan kebijakan seleksi tersebut. Ia juga menilai program tersebut penting untuk mengatasi kesenjangan.

Baca juga: Ganjar Sebut Sekolah di Indonesia Buat Siswa Stres

"Mau serepot apapun atau ibu-ibu yang udah anaknya les bertahun-tahun untuk masuk tes itu seberapa kecewanya pun, kalo kita tidak melakukan sistem zonasi ini dan tetap komit, itu sudah pasti kesenjangan itu tidak akan pernah tertutup," jelasnya.

Selain itu, Nadiem menyebut apabila PPDB dilanjutkan maka banyak orang tua siswa yang harus mengeluarkan biaya lebih untuk sekolah swasta. Sebab, akan banyak anak yang tidak diterima sekolah negeri. 

Baca juga: Jubir Anies: Pendidikan itu Mahal tapi Kebodohan Jauh Lebih Mahal

"Pasti ya udah anak-anak yang tidak mampu akan selalu harus bayar sekolah swasta, yang sekolah swasta yang buat tempat anak-anak yang enggak bisa masuk sekolah negeri," jelasnya. (MGN/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat