visitaaponce.com

Nadiem Sistem Zonasi PPDB Perlu Diteruskan dan Disempurnakan

Nadiem: Sistem Zonasi PPDB Perlu Diteruskan dan Disempurnakan
Pegawai melayani wali calon peserta didik baru yang mengantre untuk konsultasi PPDB jalur zonasi di kantor Dinas Pendidikan Kota Solo.(Antara/Maulana Surya.)

MENTERI Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) Nadiem Anwar Makarim menyampaikan inisiasi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy untuk menggunakan sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sudah sesuai dengan kebutuhan peserta didik

Nadiem menuturkan, PPDB sistem zonasi memperhatikan kebutuhan peserta didik untuk dapat bersekolah di dekat rumah. Ini menciptakan gerakan gotong royong dalam membangun ekosistem sekolah bersama dengan tenaga kependidikan, komite sekolah, dan seluruh warga sekolah.

Baca juga: Sistem PPDB Amburadul karena Pemerintah tidak Jalankan Kewajiban Konstitusional

"Segala daya dorong yang selama ini telah Bapak (Menko PMK) lakukan untuk pendidikan Indonesia akan selalu tercatat dalam sejarah untuk kebaikan anak-anak Indonesia," tutur dia dalam keterangan resmi, pada Minggu (30/7).

Nadiem mengatakan kebijakan PPDB dengan menggunakan sistem zonasi harus tetap dilanjutkan karena mampu mengatasi kesenjangan antarpeserta didik.

Baca juga: Sengkarut PPDB, Nadiem: Itu Kebijakan Pak Muhadjir Effendy

"Zonasi adalah contoh legacy kebijakan pendidikan yang perlu diteruskan dan disempurnakan. Nah, itu salah satu contoh berkelanjutan sangat penting. Jadi ada berbagai macam kebijakan yang sebelumnya ada yang kita dorong yang kita lanjutkan dan itu enggak masalah," kata dia. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat