visitaaponce.com

Dukung Kemandirian Desa, Indra Karya Raih Gold 4 Star Ajang TJSL CSR Award 2023

Dukung Kemandirian Desa, Indra Karya Raih Gold 4 Star Ajang TJSL & CSR Award 2023
PT Indra Karya (Persero) meraih penghargaan Gold 4 Star dalam ajang TJSL & CSR Awards 2023 di Jakarta.(Ist)

PT Indra Karya (Persero) meraih penghargaan Gold 4 Star dalam ajang TJSL & CSR Awards 2023 untuk kategori Pilar Ekonomi melalui Program Pembangunan Kemandirian Desa Sukorejo, Kabupaten Sragen di Jawa Tengah yang dikelola secara terintegrasi.
 
“Pelaksanaan Program demi mewujudkan Desa Sukorejo yang terintegrasi menghasilkan nilai lingkungan dan sosial yang membahagiakan untuk kami karena program tersebut bisa meningkatkan perekonomian warga secara berkelanjutan,” ujar Direktur Utama PT Indra karya (Persero) Gok Ari Simamora.

Saat memberi keterangan resminya, Kamis (10/8), Gok Ari Simamora didampingi Okky Suryono selaku VP Corporate Secretary yang juga mengelola unit TJSL di lingkungan PT Indra Karya (Persero).

Baca juga: Melalui Program Kemandirian Ekonomi Desa, Indra Karya Raih NCSR Award 2023 

Berdasarkan perhitungan dampak program Social Return on Investment (SROI), PT Indra Karya (Persero) berhasil mendorong dampak terciptanya nilai sosial bagi Desa dengan nilai SROI sebesar 597,5% atau setara dengan 1 : 6 dengan pembulatan ke atas.
 
“Nilai ini sebagai hasil dari pelaksanaan program seperti Biogas sebagai sumber daya kebutuhan energi alam, pestisida organik, pengembangan tanaman jali, sentra durian dan lain-lainnya," jelas Gok Ari.

Libatkan 42 Petani dan BUMDes

"Selain itu, kami juga mengapresiasi keterlibatan 42 petani dan BUMDes sehingga Program Desa Terintegrasi ini bisa terealisasikan dengan baik,” katanya.  
 
Pelaksanaan program kemandirian energi dengan pengelolaan biogas dengan jumlah 49 unit yang terbuat dari kotoran sapi dan energi yang dihasilkan difungsikan sebagai penerangan, tenaga pompa air dan gas yang telah dimanfaatkan oleh 64 KK atau kurang lebih sebanyak 200 jiwa.

Baca juga: Indra Karya dan Perum Jasa Tirta I Jalin Kerja Sama optimalisasi Sumber Daya

Sedangkan bagi BUMDes program-program ini juga meningkatkan penghasilan BUMDes sebesar 98% dari tahun sebelumnya.

Sementara itu, Okky Suryono selaku VP Corporate Secretary PT Indra Karya (Persero) juga menjelaskan bahwa program TJSL yang dijalankan ini merupakan komitmen Direksi dan manajemen perusahaan untuk menjalankan setiap program dengan mengacu pada prinsip Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDGs, 

Baca juga: Indra Karya Gandeng Astrum Korea Kembangkan Energi Baru Terbarukan

"Harapan kami, Program Desa Sukorejo Terintegrasi bisa memberikan dampak positif dalam membangun kualitas hidup masyarakat dan lingkungan secara berkelanjutan dan sekaligus mendukung penerapan Sustainable Development Goals (SDGs) agar masyarakat desa bisa merasakan kemandirian ekonomi dan Desa Sukorejo di tahun 2023 ini terpilih menjadi salah satu Destinasi bagi Relawan Bakti BUMN dari Kementerian BUMN,” jelas Okky.

Ajang TJSL & CSR Awards tahun 2023 ini merupakan ajang penghargaan tiga dan diselenggarakan oleh BUMN Track dengan mengangkat tema “Program TJSL dan CSR BUMN melalui 4 Pilar Pembangunan yang menciptakan nilai tambah bagi perusahaan dan UMK yang berkelanjutan". (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat