visitaaponce.com

Gempa M7,1 di Laut Utara Lombok Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa M7,1 di Laut Utara Lombok Tidak Berpotensi Tsunami
GEMPA BUMI : Gempa bumi berkekuatan 7,4 M mengguncang Tanah Bumubu Kalsel, Selasa 29/8/2023(DOK. BMKG)

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 7,1 yang mengguncang wilayah Laut Jawa (Utara Lombok) tidak berpotensi tsunami. Guncangangempa juga dirasakan sampai di Pulau Bali. 

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M7,1. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6,94° LS ; 116,57° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 163 Km arah Timur Laut Lombok Utara, NTB pada kedalaman 525 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono memaparkan dampak gempa bumi kali ini yakni dirasakan hingga Kuta, Gianyar, Denpasar, Waingapu, Lombok, Sumbawa, dan banyak kabupaten/kota lainnya. "Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Daryono dalam keterangannya, Selasa (29/8).

Adapun gempa susulan pukul 03.22 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 2 aktivitas gempa susulan (aftershock)  dengan Magnitudo M6,1 dam M6,5. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. "Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa," ujar Daryono.

Kemudian periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

BMKG juga melaporkan gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 7,4 mengguncang Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Selasa (29/8)."Pusat gempa berada di laut 180 kilometer tenggara Tanah Bumbu," kata Plh Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Iman Fatchurochman dalam keterangannya di Jakarta.

Gempa yang terjadi pukul 02.55 WIB terletak di kedalaman 10 kilometer pada koordinat 4,38 LS-116,90 BT. Ia mengatakan gempa bumi dirasakan di Tanah Bumbu dengan skala intensitas MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

BMKG melaporkan getaran dirasakan hingga Kuta, Gianyar, Denpasar, Waingapu, Lombok, Karangkates, Kuta Selatan, Tabanan, Trenggalek, Bantul, dan Blitar. Gempa bumi adalah bencana yang sering terjadi di Indonesia, sebab sebagian besar berada di daerah rawan bencana berada di kawasan Cincin Api Pasifik. Jalur rangkaian gunung berapi aktif di sepanjang Samudra Pasifik menyebabkan wilayah yang berada di jalur tersebut sering mengalami gempa bumi.(H-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Soelistijono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat