visitaaponce.com

Bicara Udara Dorong Langkah Konkret DPR-RI dalam Mengatasi Polusi Udara

Bicara Udara Dorong Langkah Konkret DPR-RI dalam Mengatasi Polusi Udara
Bicara Udara telah mengajukan permohonan kepada DPR-RI untuk mengambil tindakan konkret dalam mengatasi polusi udara.(Ist)

Sebuah kelompok masyarakat diinisiasi oleh ibu-ibu yang memiliki anak-anak balita, perihatin akan kebersihan udara dan bergabung dalam platform edukasi mengenai polusi udara bernama "Bicara Udara" telah memulai upaya serius untuk mendorong penanganan tegas terhadap masalah polusi udara yang semakin mengkhawatirkan di Indonesia.

Baca juga : Menkes Rekomendasikan Dua Masker Ini Hadapi Polusi Udara

Dalam langkah proaktif ini, Bicara Udara telah mengajukan permohonan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) untuk mengambil tindakan konkret dalam menangani persoalan polusi udara yang berdampak pada kualitas udara dan kesehatan masyarakat. Novita Natalia, Co-Founder Bicara Udara, menyatakan bahwa inisiatif ini bertujuan untuk mendorong penyelesaian masalah polusi udara melalui kerjasama lintas sektor.

"Kami bermaksud mendorong agar isu polusi udara diperlakukan sebagai permasalahan lintas sektor. Langkah ini tidak hanya menjadi tanggung jawab Komisi 4 yang bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), tetapi juga melibatkan Komisi 5 yang menangani sektor transportasi, Komisi 7 yang fokus pada energi terbarukan, dan Komisi 9 yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan masyarakat," ujar Novita dalam keterangan tertulisnya, Selasa (30/8).

Dalam beberapa waktu terakhir, polusi udara telah menjadi perhatian utama di Indonesia, terutama di wilayah Jabodetabek, yang berdampak signifikan pada kualitas udara dan kesehatan masyarakat. Novita percaya bahwa kolaborasi aktif antara lembaga pemerintahan dan pemangku kepentingan adalah langkah penting dalam mengatasi permasalahan ini. "Kami yakin bahwa mengatasi masalah polusi udara memerlukan kolaborasi yang erat dan koordinasi yang baik antara lembaga pemerintah dan elemen masyarakat. Inisiatif ini mendorong untuk menyatukan pemikiran dan tindakan guna melindungi udara serta kesehatan generasi mendatang," tambahnya.

Tidak hanya itu, Novita menegaskan bahwa Bicara Udara akan terus berkomitmen bekerja sama dengan pemerintah dan semua pemangku kepentingan terkait untuk menemukan solusi efektif dan berkelanjutan guna mengurangi dampak polusi udara.

"Dengan dukungan dari berbagai komisi di DPR, Bicara Udara berharap langkah-langkah positif akan segera diambil guna menjaga kualitas udara yang lebih baik serta kesehatan masyarakat yang lebih optimal," tutupnya. (B-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat