visitaaponce.com

Peserta Pemilu 2024 Belum Banyak Bahas soal Polusi Udara

Peserta Pemilu 2024 Belum Banyak Bahas soal Polusi Udara
Kabut asap menyelimuti Kota Bukittinggi, Sumatra Barat(Antara/Iggoy El Fitra)

HAK mendapatkan udara yang bersih merupakan isu penting di masyarakat. Namun, peserta Pemilu 2024 masih belum banyak membahas isu tersebut.

"Politisi maupun pemangku kebijakan kita masih sedikit sekali yang punya kesadaran terhadap isu polusi udara," ujar peneliti di Departemen Politik dan Perubahan Sosial di Center for Strategic and International Studies (CSIS) Edbert Gani Suryahudaya, dalam Youtube Bicara Udara, Rabu (1/11).

Gani menyebut persoalan polusi udara kalah dengan isu seperti lapangan pekerjaan. Hal ini didasari urgensi politisi maupun pemangku kebijakan memandang polusi udara.

Baca juga : Surat Lulus Uji Emisi Bakal Jadi Syarat Perpanjangan STNK

Ia memandang polusi udara harus menjadi perhatian masyarakat luas. Dengan itu, politisi diyakini akan mengangkat polusi udara sebagai janji politik.

"Pada akhirnya nanti politisi pasti harus mengadopsi itu sebagai sebuah kebijakan karena kalau tidak dia tidak akan mendapatkan dukungan," jelasnya.

Baca juga : Lansia dan Balita Diminta tetap di Rumah saat Polusi Udara Tinggi

Lebih lanjut, ia mengajak masyarakat dapat memilih pemimpin yang memiki kepedulian dengan isu polusi udara. Khususnya pemilih pemuda yang akan menentukan sosok pemimpin ke depan.

"Yang menghirup udara bersih itu bukan cuma masyarakat saja, tapi elite sendiri, politisi, pengusaha, kita semua menghirup udara yang sama," pungkasnya. (MGN/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat