visitaaponce.com

Xnation, Festival Budaya Pop Lokal Hadir di M Bloc Festival 2023

Xnation, Festival Budaya Pop Lokal Hadir di M Bloc Festival 2023
Gelaran festival budaya pop pertama Xnation yang digelar di M Bloc Space,(Ist)

GELARAN festival budaya pop pertama di ekosistem MBloc yang melibatkan 100 persen kreator lokal di industri kreatif nasional, Xnation, kini hadir menyapa.

Xnation akan menjadi arena yang mempertemukan dan menyatukan komunitas, profesional, pelaku industri, geeks and nerds hingga kreator dari lini komik, gim, IP manajemen, animasi, hingga art toys atau mainan seni yang dibuat oleh para seniman dan desainer, dan diproduksi secara independen.

Melalui tajuk “Local Creator Stronghold”, XNation mempersembahkan 10 kreator komik, kreator papan permainan (board game), dua kreator art toys, satu animator, dua IP Manajemen, dua penampil musik, dua penampil tari modern (modern dance), sembilan XTalks (gelar wicara), empat rilis karya dari art Toys, komik, karakter, dan trailer film "Instansi".

Baca juga: Lestarikan Seni Budaya, Bupati OKU Timur Buka Festival Sebiduk Sehaluan 2023

Selain itu digelar pula lokakarya, turnamen board game, costreet cosplay, temu wicara, kompetisi cosplay, live mural di Evo Corner dan Kotak Ide, ekshibisi karya dari 12 kreator (artist) serta Xperience Corner yang diisi oleh komunitas kriya.

Dari seluruh kreator yang terlibat, beberapa nama besar seperti Faza Meonk, Tara Arts, Jasmine Surkatty (komik gajelas), Afa (Tanduk Putih), Bryan Valenza (beyondtopia), Dion Widhi Putra (Ki Gentar), Pak Kardiman, Aruga (Komikin), Maghfirarre (pengisi market), Ridwan Halim (Kapten Justice) dan Rhoald Marcellius (The Pumpkin bear) juga terkonfirmasi akan ikut berpartisipasi dalam gelaran besar ini.

Dennis Adishwara, Kurator Program X Nation, mengatakan bahwa potensi dan kemampuan kreator lokal sesungguhnya sangatlah tinggi dan memiliki daya saing yang bisa disandingkan dengan kreator-kreator luar negeri. Kini saat yang tepat untuk mencetak lebih banyak lagi kreator beserta karyanya yang dapat melipatgandakan potensi ekonomi mereka.

Baca juga: Angkat Isu Perdamaian Lewat Pertunjukan Teatrikal Bongaya

"Melalui Xnation, kami yakin bahwa budaya pop seperti komik, animasi, mainan, dan game buatan Indonesia bisa makin dikenal dunia. Sudah banyak kreator Indonesia melakukan dan membuktikan hal tersebut. Kami ingin mereka juga bisa menularkan ilmu dan semangat mereka kepada calon kreator-kreator baru " ujar Dennis saat menjadi pembicara di jumpa pers M Bloc Fest 2023, Jakarta Selatan, Selasa (3/10).

Faza Ibnu Ubaidillah Salman atau yang kerap disapa Faza Meonk merupakan seorang kreator di balik Si Juki yang eksis sejak 2011 juga turut memeriahkan Xnation.

Menurut Faza, potensi Event seperti Xnation untuk kreator lokal tentu besar, karena masih banyak kreator yang memerlukan platform untuk mengenalkan karyanya ke masyarakat luas.

Baca juga: Seniman Indonesia Bawa Misi Kebudayaan di Macfest 2023 di Vanuatu

"Banyak kreator yang karyanya keren-keren tapi belum sampai di mata publik, harapannya Xnation bisa menjembatani hal tersebut, dan semoga banyak kolaborasi yang terjadi kedepannya antara kreator," tambahnya.

Sebagai informasi, gelaran Xnation ini merupakan IP Pertama dari M Bloc Xperience dan menjadi bagian dari acara besar M Bloc Festival 2023.

Xnation berlangsung selama 5 hari pada 11 - 15 Oktober 2023 di beberapa lokasi area M Bloc Space, Jakarta Selatan, yaitu Creative Hall, Live House, Evo Corner kecil, Kotak Ide, dan New M Bloc Area. Sedangkan M Bloc Xperience adalah aplikasi yang akan menjadi jembatan Xperience bagi pengunjung Ekosistem M Bloc Space secara fisik maupun digital.(RO/S-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat