visitaaponce.com

27 Orang Tertular Cacar Monyet dari Hubungan Seksual

27 Orang Tertular Cacar Monyet dari Hubungan Seksual
Ilustrasi pasien dengan penyakit cacar monyet atau mpox.(AFP)

HINGGA 2 November 2023 pukul 19.00 WIB, jumlah pasien kasus cacar monyet (monkey pox) di Jakarta mencapai 27 kasus di mana satu diantaranya adalah kasus yang ditemukan pada Agustus 2022 dan sudah sembuh. Seluruh penularan terjadi akibat kontak seksual.

Totalnya ada 26 kasus aktif cacar monyet. Data tersebut berdasarkan situs resmi Dinas Kesehatan DKI Jakarta di www.dinkes.jakarta.go.id.

Seluruh pasien bergejala ringan dan menjalani isolasi di RS. Kemudian, seluruh pasien memiliki rentang usia 25-50 tahun. Terdapat suspek atau orang dengan gejala sebanyak empat orang.

Baca juga: Wabah Cacar Monyet Perlu Segera Diatasi

Juga terdapat sembilan orang yang kontak erat namun tanpa gejala. Total penerima vaksinasi cacar monyet sebanyak 492 orang dari target 495 orang. Ada 62 orang yang menjalani tes PCR dengan hasil negatif.

Pencegahan Penularan di Kelompok Homoseksual

Sementara itu, pemerintah disarankan menggandeng NGO atau LSM yang kerap menjangkau komunitas penyuka sesama jenis (LGBT) untuk menyosialisasikan pencegahan penularan penyakit cacar monyet (mpox). Hal itu mengingat kebanyakan kasus cacar monyet di dunia, termasuk Indonesia terjadi akibat hubungan seksual sesama jenis.

Baca juga: Cianjur Tingkatkan Kewaspadaan Antisipasi Penyebaran Cacar Monyet

"Untuk mencegah penularannya sekali lagi penularan ini ada di kelompok yang berisiko tinggi ya jadi kombinasi sinergitas antara program HIV, penyakit menular seksual dan mpox ini harus dilakukan pemerintah. Menjangkau kelompok ini dengan NGO dan LSM yang biasa menjangkau mereka," ujar Epidemiolog Universitas Griffith Australia Dicky Budiman.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat