visitaaponce.com

Masuk Musim Hujan, Pemerintah Ingatkan Peningkatan Kasus Dengue

Masuk Musim Hujan, Pemerintah Ingatkan Peningkatan Kasus Dengue
Menkes Budi Gunadi Sadikin mengimbau agar mewaspadai kenaikan kasus DBD di musim hujan(Antara)

MENTERI Kesehatan Budi Gunadi Sadikin ingatkan memasuki musim hujan kasus dengue kembali naik. Hingga kini kasus dengue 26.04 per 100 ribu penduduk.

"Selalu presisten di kita terutama pada musim hujan, jadi kalau musim hujan dengue di kita akan naik. Adapun fatality rate sedang tidak terlalu tinggi," kata Budi dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI di Senayan, Jakarta, Selasa (7/11).

Adapun yang dilakukan pemerintah yakni dengan strategi penanggulangan yaitu pengendalian vektor sebelum masa penularan dengan pemberdayaan masyarakat melalui gerakan satu rumah satu jumantik dan pemeriksaan jentik berkala. Kemudian terkait surveilans dengan mewujudkan surveilans real time dan membentuk tim gerak cepat dalam penanggulangan KLB.

Baca juga: Begini Sejarah dan Tema Hari Demam Berdarah Dengue ASEAN

Upaya pencegahan ketiga yakni dengan tata laksana dengan menerbitkan pedoman tatalaksana dengue, penggunaan RDT dengue sebagai alat bantu penegakan diagnosis dini.

Kementerian Kesehatan juga melakukan penyebaran telur nyamuk wolbachia di 6 kota Semarang, Bandung, Jakarta Barat, Denpasar, Bontang, dan Kupang.

Baca juga: Kasus Demam Berdarah Berpotensi Meningkat Karena El Nino

"Beternak nyamuknya bekerja sama dengan UGM karena mereka memiliki teknologi beternak nyamuk," pungkasnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat