visitaaponce.com

BMKG Kenaikan Suhu Global Terus Menciptakan Rekor Panas Baru

BMKG: Kenaikan Suhu Global Terus Menciptakan Rekor Panas Baru
Ilustrasi pengukuran peningkatan suhu global.(Freepik)

BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan suhu global terus menciptakan rekor panas baru setiap tahunnya. Adapun, hingga 2023 terjadi peningkatan suhu rata-rata global sebesar 1,2 derajat celcius.

Hal itu diungkapkan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR RI, Rabu (8/11).

“Ada indikasi bahwa suhu global terus meningkat dan terus menciptakan rekor panas baru,” kata Dwikorita.

Dalam mengukur peningkatan suhu, baseline yang digunakan ialah suhu pada tahun 1900, di mana saat itu belum ada pertumbuhan industri yang menyebabkan pemanasan global. Sementara itu, terpantau mulai 1950, secara global terjadi lonjakan peningkatan suhu.

Baca juga: Suhu Udara Cirebon Tertinggi Se-Indonesia di Akhir Oktober

Dwikorita menjelaskan, pada Juli 2023, terpecahkan rekor suhu terpanas di berbagai wilayah. Di antaranya Afrika Utara yang mencapai 47 derajat celcius, Yunani mencapai lebih dari 49 derajat celcius, Italia mencapai 48 derajat celcius, lalu Thailand, India, Tiongkok mencapai 40 derajat celsius.

Di samping itu Jepang lebih dari 39,7 derajat celcius, Amerika bagian barat bahkan mencapai 53 derajat celcius lebih dari 31 hari. Dan suhu di Amerika selatan pada musim dingin mencapai 45 derajat celcius.

Baca juga: Makin Panas, Suhu Majalengka Capai 38,7 Derajat Celsius

“Tapi meskipun terjadi kenaikan, Indonesia masih relatif normal, meskipun ada kenaikan, belum sebesar yang lain. Hal ini disebabkan karena Indonesia luas lautnya jauh lebih luas dari daratnya. Lautnya 60% dan air berperan sebagai cooler,” ucap dia.

Kenaikan suhu tersebut, kata Dwikorita, berdampak pada adanya global water hotspot dalam beberapa tahun ke depan. Secara konkret, fenomena itu akan menyebabkan kekeringan di seluruh dunia.

“Akibat kekurangan air ini, diproyeksikan seluruh dunia, termasuk Indonesia ada pada kondisi kerentanan yang cukup tinggi terhadap ketahanan pangan,” imbuh Dwikorita.

Dalam hal kerentanan pangan, Indonesia termasuk dalam risiko menengah. Namun, tentunya ada ancaman Indonesia tidak melakukan impor, karena bahkan negara-negara penghasil pangan akan mengalami kekeringan yang lebih parah.

“Pada 2050 diprediksi akan terjadi kekurangan pangan akibat kekeringan dan kekurangan air tersebut,” jelas dia.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat