visitaaponce.com

PBB Peringatkan Dunia di Ambang Kehancuran

PBB Peringatkan Dunia di Ambang Kehancuran
Sekjen Organisasi Meteorologi Dunia Celeste Saulo menunjukkan laporan iklim global WMO tahun 2023(AFP)

Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) Perserikatan Bangsa-Bangsa mengeluarkan laporan tahunan Keadaan Iklim, yang mengonfirmasi data awal yang menunjukkan bahwa tahun 2023 adalah tahun terpanas yang pernah tercatat.

“Dan hal ini terjadi pada akhir periode 10 tahun terpanas yang pernah tercatat,”  kata laporan WMO, yang dirilis, Selasa (19/3).

Sekjen PBB Antonio Guterres mengatakan laporan itu menunjukkan planet (Bumi) berada di ambang kehancuran

Baca juga : Sah! Tahun 2023 Merupakan Tahun Terpanas Bumi

“Bumi mengeluarkan seruan darurat. Polusi bahan bakar fosil menyebabkan kekacauan iklim semakin parah, ujarnya seraya  memperingatkan bahwa perubahan iklim kini semakin cepat.

WMO mengatakan suhu rata-rata di dekat permukaan adalah 1,45 derajat Celcius di atas suhu pra-industri tahun lalu – sangat mendekati ambang batas kritis 1,5 derajat yang disepakati negara-negara dalam perjanjian iklim Paris tahun 2015.

"Belum pernah kita sedekat ini... dengan batas bawah Perjanjian Paris sebesar 1,5 derajat Celcius," ketua WMO Andrea Celeste Saulo memperingatkan dalam sebuah pernyataan.

Baca juga : BMKG: Kenaikan Suhu Global Terus Menciptakan Rekor Panas Baru

Laporan tersebut, katanya, harus dilihat sebagai peringatan bagi dunia. Saulo menekankan bahwa perubahan iklim lebih dari sekadar kenaikan suhu.

“Apa yang kita saksikan pada tahun 2023, terutama dengan pemanasan laut yang belum pernah terjadi sebelumnya, penyusutan gletser, dan hilangnya es laut Antartika, menimbulkan kekhawatiran khusus,” tegasnya. 

Salah satu temuan yang sangat mengkhawatirkan adalah gelombang panas laut rata-rata terjadi di hampir sepertiga lautan global setiap harinya pada tahun lalu. (AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat