visitaaponce.com

Sah Tahun 2023 Merupakan Tahun Terpanas Bumi

Sah! Tahun 2023 Merupakan Tahun Terpanas Bumi
Tahun 2023 tercatat sebagai tahun dengan suhu terpanas Bumi.(123RF )

PARA ilmuwan telah beberapa waktu lalu menduganya, tetapi sekarang sudah resmi, tahun 2023 adalah tahun terpanas yang pernah tercatat.

Suhu rata-rata global tahun lalu adalah 58,96°F (14,98°C), sekitar 0,3°F (0,17°C) lebih tinggi jika dibandingkan dengan suhu pada tahun 2016, tahun terpanas sebelumnya, menurut para ahli dari program perubahan iklim Copernicus (CS3) Uni Eropa.

Para ilmuwan telah mengungkapkan bahwa musim panas lalu adalah musim terpanas yang pernah tercatat, dengan Juli adalah bulan terpanas.

Para ahli memperingatkan bahwa kenaikan suhu global kini mendekati batas 2,7°F (1,5°C) – dan mereka menyebutkan emisi gas rumah kaca sebagai penyebabnya.

Tahun 2023 telah dijuluki sebagai tahun Bumi dengan bencana iklim yang paling merugikan seperti kekeringan, banjir, kebakaran hutan, dan gelombang panas mematikan, yang sebagian besar disebabkan oleh emisi tersebut.

Warga Inggris mungkin sulit mempercayai rekor baru ini karena negara tersebut dilanda udara dingin dan hujan hampir sepanjang tahun dan mengalami musim panas yang sejuk, meskipun terjadi gelombang panas di seluruh daratan Eropa

"Tahun 2023 adalah tahun yang luar biasa dengan rekor iklim yang berjatuhan seperti kartu domino," kata Samantha Burgess, wakil direktur C3S.

"Suhu pada tahun 2023 kemungkinan besar melebihi suhu pada periode mana pun setidaknya dalam 100.000 tahun terakhir." 

C3S, yang dikelola oleh Komisi Eropa, mengamati pembacaan suhu berdasarkan berbagai platform dan instrumen, mulai dari stasiun cuaca hingga balon cuaca dan satelit.

Pembacaan yang dilakukan oleh departemen ini mengacu pada suhu udara rata-rata di seluruh planet sepanjang tahun – jauh lebih rendah daripada pembacaan suhu yang biasanya 'panas'.

Tahun 2023 bukan hanya merupakan tahun terpanas yang pernah tercatat, namun juga menandai pertama kalinya suhu setiap hari dalam satu tahun mencapai 1,8°F (1°C) di atas rata-rata 'praindustri' (rata-rata antara tahun 1850 dan 1900).

Faktanya, hampir setengah dari 365 hari pada tahun 2023 suhunya lebih hangat 2,7°F (1,5°C) dibandingkan suhu pada tahun 1850-1900, sedangkan dua hari di bulan November, untuk pertama kalinya, lebih dari 3,6°F (2°C) lebih hangat.

Hal ini mengkhawatirkan karena tujuan global adalah menjaga suhu rata-rata global pada 3,6°F (2°C) dan jika memungkinkan 2,7°F (1,5°C) sebagai bagian dari Perjanjian Paris, sebuah perjanjian iklim mengikat yang ditandatangani sejumlah negara pada 2016.

Untungnya, berita ini tidak berarti bahwa kita telah melampaui batas yang ditetapkan oleh Perjanjian Paris (yang mengacu pada periode setidaknya 20 tahun di mana anomali suhu rata-rata terlampaui) namun rekor baru pada tahun 2023 'menjadi preseden yang mengerikan'. 

“Hal-hal ekstrem yang kami amati selama beberapa bulan terakhir memberikan kesaksian dramatis tentang seberapa jauh kita sekarang dari iklim di mana peradaban kita berkembang,” kata Carlo Buontempo, direktur C3S.

Tahun 2023 mencatat rekor terpanas sepanjang tahun yang sebagian besar disebabkan oleh suhu global yang 'belum pernah terjadi sebelumnya' mulai bulan Juni dan seterusnya, yang sebagian besar dipicu oleh gas rumah kaca.

Konsentrasi karbon dioksida dan metana di atmosfer (dua gas rumah kaca terpenting) terus meningkat dan mencapai rekor tertinggi pada tahun 2023.

Terlebih lagi, setiap bulan dari Juni hingga Desember pada tahun 2023 lebih hangat dibandingkan bulan yang sama pada tahun sebelumnya.

Beberapa bulan di tahun 2023 merupakan bulan-bulan terpanas yang pernah tercatat pada bulan tersebut, seperti September, November, dan Desember, serta Juli (bukan hanya bulan Juli terpanas yang pernah ada, tetapi juga bulan terpanas yang pernah ada).

Metrik utama CS3 untuk mengukur seberapa panas suhu adalah suhu udara, namun juga melacak suhu lautan di dunia, yakni melihat suhu permukaan laut – seberapa panas air di dekat permukaan laut.

Sayangnya, wilayah ini juga mencatat rekor baru pada tahun 2023, dengan anomali suhu permukaan laut yang 'terus-menerus dan luar biasa tinggi'.

Suhu permukaan laut rata-rata global (SST) mencapai rekor tertinggi pada April hingga Desember, sedangkan bulan Agustus memiliki suhu permukaan laut rata-rata bulanan global tertinggi yang pernah tercatat, yaitu 69,76°F (20,98°C).

Selain gas rumah kaca, para ahli menyalahkan El Niño Southern Oscillation (ENSO) sebagai penyebab tingginya suhu laut.

ENSO adalah pola variabilitas iklim alami yang menyebabkan suhu laut di Pasifik tropis tengah dan timur berubah antara lebih dingin (La Niña) dan lebih hangat (El Niño) dibandingkan kondisi rata-rata – yang memengaruhi suhu dan cuaca secara global.

Namun, transisi ke El Niño saja tidak menjelaskan seluruh peningkatan suhu permukaan laut secara global pada tahun 2023, kata CS3.

Dengan ketergantungan pada bahan bakar fosil untuk menghasilkan energi yang masih bertahan hingga tahun 2024, ada kemungkinan tahun ini dapat memecahkan rekor yang baru dicapai pada tahun 2023.

“Jika kita ingin berhasil mengelola portofolio risiko iklim, kita perlu segera melakukan dekarbonisasi perekonomian kita sambil menggunakan data dan pengetahuan iklim untuk mempersiapkan masa depan,” kata Buontempo

Tahun 2023 bukan hanya merupakan tahun terpanas yang pernah tercatat, namun juga menandai pertama kalinya suhu setiap hari dalam satu tahun mencapai 1,8°F (1°C) di atas rata-rata 'pra-industri' (rata-rata antara tahun 1850 dan 1900). (Daily Mail/M-2) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat