visitaaponce.com

Dirut TVRI Wanti-wanti ASN TVRI Jaga Netralitas

Dirut TVRI Wanti-wanti ASN TVRI Jaga Netralitas
Direktur Utama LPP TVRI Iman Brotoseno saat kunjungan ke TVRI Stasiun Jawa Timur(dok pribadi)

Direktur Utama LPP TVRI Iman Brotoseno mengingatkan seluruh aparatur sipil negara (ASN) TVRI untuk netral dalam menghadapi pemilu.

Saat kunjungan ke TVRI Stasiun Jawa Timur, Iman mengingatkan kepada pegawai di stasiun tersebut terkait arahan Presiden Joko Widodo. Yakni, dalam Pemilu 2024 ASN dilarang menunjukan keberpihakan pada salah satu calon atau parpol, termasuk memberikan dukungan di media sosial.

Baca juga: Anies Baswedan Sampaikan Aparat Negara Harus Netral Demi Kepercayaan Publik

Selain itu TVRI juga harus independen dan netral dalam pemberitaan, terutama dalam menciptakan tayangan pemilu yang berkualitas dan mencerdaskan. Lembaga Penyiaran Publik milik negara harus menjadi clearing house yang memberikan informasi obyektif, adil serta memberikan ruang yang sama kepada seluruh kontestan pemilu.

Baca juga: Dokumenter Kolaborasi RI-Tiongkok “Jalur Sutra Maritim Indonesia” Ditayangkan di TV

Iman mengatakan, komitmen TVRI dalam pemilu 2024, termasuk menyiapkan armada pemberitaan serta memastikan jaringan transmisi digital berfungsi dengan baik.

Ia juga menekankan konten program dan berita pemilu harus memberikan nilai tambah pada pemirsa, bahwa tanggung jawab media massa tidak hanya terletak pada informasi, tetapi juga pada bagaimana informasi tersebut disajikan dan disampaikan.
 
"Sebagai media penyiaran publik, kita memiliki peran besar dalam membimbing dan mendidik masyarakat melalui tayangan Pemilu. Saya ingin kita fokus pada tayangan yang berkualitas, informatif, dan memberikan pandangan yang seimbang," tegas Iman.

Jauhkan potensi konflik

Dia juga menekankan perlunya menjauhkan diri dari konten yang berpotensi memicu konflik atau kegaduhan. "Kita memiliki tanggung jawab moral untuk tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga untuk menciptakan lingkungan yang aman dan damai. Pemilu adalah proses demokratis yang harus disampaikan dengan bijaksana dan bertanggung jawab.", imbuhnya.
 
Melalui kunjungan ini, Direktur Utama LPP TVRI memotivasi seluruh pegawai TVRI Stasiun Jawa Timur dan seluruh stasiun penyiaran di seluruh Indonesia untuk menjadikan Pemilu sebagai momentum untuk memperkuat peran positif media dalam membangun masyarakat yang cerdas, kritis, dan sejahtera. (X-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Henri Siagian

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat