visitaaponce.com

Cetak SDM Unggul, Binus University Siapkan Lulusan dengan Keahlian AI

Cetak SDM Unggul, Binus University Siapkan Lulusan dengan Keahlian AI
Binus University @Kemanggisan mengadakan acara Bincang Media di Kampus Binus University, Jakarta.(Ist)

DI era transformasi digital yang semakin pesat, inovasi digital menjadi kunci utama dalam mengatasi kesenjangan sosial dan ekonomi secara global. 

Pendidikan merupakan salah satu industri yang sangat terpengaruh oleh inovasi digital, karena memiliki potensi besar untuk menciptakan kesetaraan akses dan meningkatkan kualitas pembelajaran.

Pada perkembangan teknologi yang pesat saat ini, Bina Nusantara (Binus) berkomitmen mendorong inovasi digital dalam pendidikan.

Baca juga: Dr. Pierre Christian Jadi Wakil Ilmuwan Indonesia dalam Penelitian Foto Black Hole

Binus University memahami bahwa peran inovasi digital dapat membawa perubahan positif dalam membangun dunia yang lebih adil dengan memberikan peluang pendidikan yang lebih inklusif dan peluang yang lebih luas bagi masyarakat di Indonesia dan seluruh dunia.

Dalam rangka untuk meningkatkan kesadaran terkait peran dan isu-isu inovasi digital, Binus @Kemanggisan mengadakan acara Bincang Media bersama 15-20 orang perwakilan media, termasuk wartawan, editor, dan reporter di Jakarta, Selasa (21/11),

Inovasi Teknologi

Topik yang dibahas berupa “Membangun Dunia yang Lebih Merata melalui Inovasi Digital” yang bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai inovasi digital, khususnya dalam pendidikan.

AI dapat diterapkan dalam berbagai bidang dan dapat meningkatkan potensi di berbagai bidang, karena AI memiliki potensi yang luas.” ungkap Dr. Sani Muhamad Isa, S.Si., M.Kom. selaku Binus Graduate Program Director dalam keterangan, Rabu (22/11).

Baca juga: Organisasi yang Adopsi AI Generatif Punya Keunggulan Kompetitif

Dalam berbagai industri saat ini tidak dapat lepas dari Inovasi digital. Perkembangan AI memudahkan setiap orang dalam melakukan pekerjaan di berbagai bidang industri.

Sehingga kebijakan dalam mengimplementasikan AI sudah diterapkan dalam bidang pendidikan. Misalnya proses pencatatan akademik dari presentasi mahasiswa kegiatan dosen sudah tercatat dalam AI dan kegiatan belajar mengajar banyak memanfaatkan AI dalam prosesnya.

“Kita tidak boleh menutup mata bahwa banyak pekerjaan akan digantikan AI, namun demikian tidak perlu kita kuatir dan menjadi takut. Adanya perkembangan AI akan mendorong munculnya masalah-masalah baru, sehingga peluang-peluang baru juga akan bermunculan“ ungkap Dr. Ir. Derwin Suhartono, S.Kom., MTI. Selaku Head of Computer Science Study Program Greater Jakarta.

Dengan berkembangnya teknologi AI, maka tidak dapat dipungkiri bahwa akan ada tantangan baru yang muncul karena AI dan lapangan kerja baru.

Baca juga: Mahasiswa Sastra Inggris Binus Gelar Live Drama 'Hunter' di Kampus, Jakarta

"Teknologi AI dapat menangani berbagai pekerjaan, karena AI bekerja menggunakan otak. Pentingnya AI dapat dilihat hampir semua industri membutuhkannya, sehingga kita harus berjalan bersama dengan AI bukan menentangnya, agar dapat meningkatkan pembelajaran," ungkap Derwin.

“Apapun bidang ilmunya, mahasiswa akan diajarkan untuk memahami konsep AI, sehingga bisa melihat peluang implementasi AI dan penggunaan AI dalam menyelesaikan masalah di bidangnya” ungkap Dr. Reina, S.Kom., MM. selaku Vice Rector Academic Operation & Resources and Campus Director Binus @Kemanggisan.

Kesadaran pentingnya AI dapat diterapkan dalam berbagai bidang di setiap industri. Untuk dapat memenuhi kebutuhan akan AI, Binus @Kemanggisan sebagai Digital Technology Campus menyediakan berbagai fasilitas yang dapat mendukung dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam belajar.

Hal ini bisa dilihat dengan tersedianya fasilitas Lab User Experience (UX), Lab Digital Industry, Lab AR/VR, Lab Building Information Modelling (BIM), Lab Game Application & Technology, Lab Macintosh, Lab Furniture, Lab Bahasa, Lab Civil Engineering, Lab Computer Engineering dan berbagai macam Laboratorium lainnya yang dilengkapi dengan peralatan digital serta pendukungnya. (RO/S-4)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat