visitaaponce.com

6.000 Orang Terselamatkan dari Kebutaan Berkat Operasi Katarak Gratis

6.000 Orang Terselamatkan dari Kebutaan Berkat Operasi Katarak Gratis
Seorang tenaga kesehatan berbincang dengan warga yang akan menjalani operasi katarak.(ANTARA/JESSICA HELENA WUYSANG)

KEMENTERIAN Sosial (Kemensos) tengah memprioritaskan operasi katarak gratis bagi masyarakat. Upaya itu penting karena katarak jika terlambat ditangani, maka pengidapnya bisa mengalami kebutaan yang kemudian tidak produktif dan menjadi persoalan sosial serta beban bagi keluarganya.

“Karena itu salah satu prioritas Kemensos adalah membantu operasi katarak. Sejak saya dilantik (menjadi Mensos) pada Desember 2020, lebih dari 6.000 orang sudah menjalani operasi katarak untuk mencegah yang bersangkutan dari risiko kebutaan,” kata Mensos Tri Rismaharini, Kamis (23/11).

Salah satu kegiatan yang baru-bari ini dilaksanakan ialah operasi katarak di Jawa Timur dan diselenggarakan di Kabupaten Tulunggagung, Kabupaten, serta Kota Malang dan Kabupaten Blitar. Sebanyak 1.686 calon pasien telah terdaftar mengikuti skrining untuk menentukan layak tidaknya mereka untuk menjalani operasi. Di Kabupaten Tulungagung, operasi terhadap 94 pasien yang lolos skrining dilakukan di RSUD dr Iskak.

Baca juga:

Mensos Risma Bantu 277 Warga Ternate Operasi Katarak

Terimakasih, Akhirnya bisa Melihat Lagi

Menurut Risma, Jawa Timur dipilih saat ini karena berdasarkan data Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami), kasus katarak di daerah tersebut tergolong tinggi, terutama di daerah Pantura dan kawasan pesisir pantai. Diduga paparan matahari di kawasan pantai menjadi salah satu penyebabnya, meskipun ada faktor lain seperti diabetes, usia, dan genetik juga menentukan.

“Bukan cuma Jawa Timur, operasi katarak gratis juga dilakukan setiap bulan secara bergantian di seluruh Indonesia,” ujar Risma.

Operasi katarak gratis ini diselenggarakan Kemensos bekerja sama dengan berbagai pihak, terutama Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami), rumah sakit, serta lembaga sosial seperti SCTV Peduli, Yayasan Peduli Kasih Indosiar serta berbagai lembaga sosial lainnya.

Kemensos memandang penting operasi katarak gratis karena kasusnya seperti fenomena gunung es. Kasus yang tercatat sedikit, padahal kenyataannya sangat banyak dan tersebar di seluruh Indonesia. Katarak juga tidak bisa dianggap enteng, karena jika terlambat ditangani pengidapnya bisa mengalami kebutaan atau disabilitas netra. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat