visitaaponce.com

Guru Harus Jadi Profesi Nomor Satu di Indonesia

Guru Harus Jadi Profesi Nomor Satu di Indonesia
Ilustrasi - Wakil sekjen PGRI Abdul Qodir mengatakan masih ada ketimpangan status guru ASN dan guru honorer.(Antara)

PARADIGMA pendidikan modern menempatkan guru sebagai bagian terpenting dalam pendidikan bangsa. Namun, keberadaan dan kesejahteraan guru sampai saat ini belum mendapatkan tempat yang strategis dalam perencanaan maupun pelaksanaan pendidikan di Indonesia.

Wakil Sekretaris Jenderal Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Abdul Qodir mengatakan saat ini masih ada ketimpangan status guru. Misalnya guru ASN PNS kini sudah banyak yang mulai sejahtera. Di sisi lain ada PNS PPPK yang jauh dari sejahtera.

Terlebih, kata dia, masih banyak di berbagai daerah gaji guru honorer hanya di bawah Rp1 juta. Hal itu jelas tidak sebanding dengan pengabdian yang ia berikan kepada anak bangsa.

Baca juga: Sekolah Sukma Bangsa Luncurkan 44 Buku Karya Guru dan Siswa

“Jadi, pemikiran di atas kesejahteraan guru saat ini perlu ditingkatkan, dan profesi guru harus menjadi profesi nomor satu di negara yang kita cintai,” kata Abdul saat dihubungi, Sabtu (25/11).

Menurut Abdul, beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam meningkatkan kesejahteraan guru di antaranya melakukan transformasi tata kelola guru. Hal itu dimulai dari perguruan tinggi yang harus menyiapkan calon guru yang unggul, profesional dan berkelas dunia.

Baca juga: Majukan Program Keguruan dengan Perkembangan Teknologi Pendidikan

“Pembinaan dan pengembangan karier guru harus jelas berbasis kebutuhan guru, penghargaan dan penghormatan guru. Jadikan guru sebagai profesi nomor satu,” tegasnya.

Tak lupa juga, Abdul menyatakan, untuk meningkatkan kehormatan dan kesejahteraan guru, perlu diberikan penghasian yang memadai serta kebutuhan hidup yang layak bagi seluruh guru. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat