visitaaponce.com

Jokowi Bakal Sampaikan National Statement hingga Jajaki Kerja Sama di COP28

Jokowi Bakal Sampaikan National Statement hingga Jajaki Kerja Sama di COP28
Presiden Jokowi.(AFP/JOSH EDELSON)

PRESIDEN Jokowi telah tiba di Dubai pada Kamis (30/11) malam untuk mengikuti agenda Conference of the Parties COP28. Dalam agenda itu, Presiden dijadwalkan untuk membuka secara resmi salah satu agenda COP28 yakni World Climate Action Summit (WCAS) pada Jumat (1/12).

"Presiden akan menyampaikan national statement yakni pembicara tentang transforming food system dalam menghadapi tantangan perubahan iklim," kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya kepada wartawan di Dubai.

Dalam agenda itu, Presiden juga akan menyampaikan posisi Indonesia dalam Global Stocktake atau evaluasi mengenai kesepakatan Perjanjian Paris untuk menahan laju kenaikan suhu bumi di atas 1,5 derajat celcius. Di samping itu, Presiden juga akan menekankan semangat Indonesia memimpin agenda perubahan iklim dengan aksi nyata.

Baca juga:

COP28 Sepakati Pendanaan Dampak Perubahan Iklim untuk Negara Berkembang

Indonesia Fokus Penurunan Emisi di Bidang Energi Baru Terbarukan di COP28

"Selain itu pentingnya keseimbangan antara aksi pendanaan mitigasi dan aksi pendanaan adaptasi serta pentingnya peningkatan ambisi dengan pemenuhan janji dukungan pendanaan," beber Siti.

Kemudian, Jokowi juga dijadwalkan untuk menghadiri beberapa meeting multilateral seperti G77 dan dengan PM Norwegia. "Dalam diskusi sekaligus hal-hal yang substansial dibahas dalam kaitan implementasinya berkenaan dengan agenda-agneda kerja sama," ucapnya.

Jokowi sebelumnya telah memberikan arahan kepada Menteri LHK, Wakil Menteri Luar Negeri, Mensesneg dan Dubes RI untuk UEA untuk menindaklanjuti arahan-arahannya di tingkat nasional. "Dalam arti agenda -agenda yang sudah harus ditindak lanjuti operasional pada tingkat kabinet," pungkas Siti. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat