visitaaponce.com

Karena Rokok, Orang Indonesia Kena Kanker Paru 10 Tahun Lebih Dulu

Karena Rokok, Orang Indonesia Kena Kanker Paru 10 Tahun Lebih Dulu
Ilustrasi(Pexels)

KANKER paru termasuk dalam kategori penyakit kanker yang ganas. Indonesia menghadapi tantangan serius dengan tingginya jumlah kasus kanker paru yang semakin muda.

Saat ini, kanker paru yang menjadi salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi di negara ini. Di tingkat global, kanker paru tetap menjadi penyebab kematian utama akibat kanker pada pria.

Sita Laksmi Andarini, seorang ahli onkologi dan Ketua Kelompok Kerja Onkologi Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) menyebut pasien kanker paru di Indonesia cenderung didiagnosis 10 tahun lebih muda daripada di luar negeri, dengan rata-rata usia 58 tahun.

Baca juga : Perokok Diingatkan Periksa Diri untuk Deteksi Dini Kanker Paru

"Salah satu faktor penyebab utama adalah usia awal merokok yang lebih muda dibandingkan dengan di luar negeri," kata Sita dalam media briefing bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) secara daring, Senin (4/12).

Menurutnya, anak-anak sekolah di bawah umur yang terpapar rokok meningkatkan risiko mereka untuk mengembangkan kanker paru di masa depan.

Sita juga mencatat bahwa prevalensi perokok di Indonesia tinggi, terutama pada laki-laki yang merokok di dalam rumah, sehingga asap rokok dapat mencemari lingkungan rumah, memperbesar risiko paparan pada anak-anak dan wanita.

Baca juga : YKI Dukung Pemerintah Naikan Cukai Rokok untuk Cegah Kanker

Dampak paparan asap rokok menjadi lebih jelas dengan terjadinya beberapa kasus kanker paru pada anak-anak yang belum pernah merokok. Mereka terpapar secara pasif melalui orang-orang di sekitarnya yang merupakan perokok aktif. 

“Ada yang usia 9 tahun, di RS Persahabatan tercatat pernah ada  pasien kanker paru berusia 11 tahun. Dia tidak merokok aktif tapi pasif terus menerus. Sedangkan yang tertua ada yang 95 tahun," ungkap Dr. Sita.

Hal yang disayangkan adalah bahwa seringkali pasien datang untuk pemeriksaan medis ketika kanker paru mereka sudah mencapai stadium lanjut, karena gejala yang sering kali tidak serius pada stadium awal.

Baca juga : Ini Tiga Kelompok yang Perlu Skrining Kanker Paru

 

Kenali gejala kanker paru

Gejala seperti batuk, batuk darah, sesak napas, dan nyeri dada perlu menjadi perhatian serius. Oleh karena itu, penting untuk melakukan skrining di rumah sakit, terutama bagi mereka yang memiliki faktor risiko tinggi, seperti laki-laki berusia di atas 40 tahun, riwayat merokok, riwayat keluarga dengan kanker, dan riwayat pekerjaan di lingkungan yang dapat memicu kanker, seperti pekerja tambang atau konstruksi.

Meskipun rokok secara umum diidentifikasi sebagai faktor risiko utama penyebab kanker paru, penting untuk menyadari bahwa penggunaan rokok elektrik, seperti vape, dan paparan asap lainnya juga dapat memicu perkembangan penyakit ini. Kebiasaan seperti memasak dengan kayu bakar dan terpapar bahan kimia berbahaya juga dapat meningkatkan risiko kanker paru.

Pemahaman menyeluruh tentang faktor risiko ini menjadi kunci untuk mengurangi insiden kanker paru di Indonesia. Penyuluhan, pendidikan, dan upaya pencegahan yang lebih intensif perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan dampak negatif dari paparan asap rokok dan faktor risiko lainnya terhadap kesehatan paru-paru. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat