visitaaponce.com

Kemendikbudristek Terus Dorong Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Pariwisata

SEBAGAI bagian dari pemangku kepentingan pariwisata Indonesia, Himpunan Lembaga Pendidikan Tinggi Pariwisata Indonesia (Hildiktipari) selalu berupaya dalam pengembangan pariwisata Indonesia pada umumnya dan lembaga pendidikan tinggi pariwisata pada khususnya. 

Dalam mewujudkan visi, misi, dan tujuan, pengurus Hildiktipari masa bakti 2023-2027 menyelenggarakan 'Lokakarya Peningkatan Mutu Akademik dan SDM untuk Keberlanjutan Perguruan Tinggi Pariwisata Indonesia'.

"Kegiatan lokakarya juga merupakan bagian dari agenda sosialisasi tentang Permenristek Dikti Nomor 53 Tahun 2023 dan Percepatan Peningkatan Jabatan Fungsional Akademik," kata Dekan Fakultas Pariwisata UPH Prof Dr Diena Mutiara Lemy APar MM CHE yang juga menjabat Ketua Umum Hildiktipari dalam keterangan pers, Jumat (8/12). 

Baca juga: LLDikti Wilayah III Gelorakan Pendanaan Matching Fund

Lokakarya dihadiri seluruh perguruan tinggi pariwisata se-Indonesia dan dihadiri perwakilan lebih dari 40 perguruan tinggi di Indonesia.

"Hildiktipari juga hadir sebagai asosiasi yang menaungi anggota-anggotanya mulai dari perguruan tinggi swasta sampai dengan perguruan tinggi negeri yang memiliki program studi bidang pariwisata," jelasnya. 

"Tujuan dibentuknya Hildiktipari bertujuan saling menguatkan antar-anggota, membangun jejaring, dan bersinergi," tambah Prof Diena.

Menuriut Prof Diena, walaupun saling berkompetisi antar-perguruan tinggi tapi juga harus saling berkolaborasi. "Sehingga Hildiktipari dalam usianya yang ke-39 tahun hadir menjadi mitra yang strategis untuk semua para anggotanya, pemerintah, industri dan berbagai pihak lainnya," jelasnya.

Baca juga: Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Berubah Menjadi Institut

"Harapannya ajang ini tidak hanya mendegarkan paparan dari beberapa narasumber, tetapi juga akan terjadi adanya silaturahmi dan saling berbagi, serta saling memberikan kebermanfaatan untuk pariwisata demi NKRI," tambah Prof.Diena.

Selamat untuk Institut Pariwisata Trisakti

Sementara itu, Direktur Kelembagaan Kemendikbudristek Dr Lukman ST MHum mengucapkan selamat kepada Institut Pariwisata Trisakti yang dalam satu tahun terakhir ini sudah bertransformasi dari sekolah tinggi menjadi Institute Pariwisata Trisakti sebelumnya akreditasinya unggul.

"Sekarang juga tetap menjadi akreditasinya unggul. Saya yakin ini adalah sebuah kerja keras Trisakti untuk mencapai itu semua, saya juga sebagai pembina Trisakti, ini adalah bagian tanggung jawab pemerintah bagaimana membangun pariwisata dari Trisakti ini betul betul bisa berdaya saing dan bisa fokus maju kedepan dan melihat gebrakan," papar Lukman.

Lukman juga menjelaskan bahwa otomasi akreditasi perguruan tinggi akan dilakukan secara bertahap mulai 1 Januari 2024. "Dalam Permendikbudristek No 53/23 disebutkan implementasi peraturan tersebut paling lama 8 Agustus 2025. Tapi kami mengambil inisiatif, dimulai 1 Januari 2024," tuturnya.

Baca juga: Skema Baru Seleksi Masuk PTN untuk Tingkatkan Kualitas PMB

"Jadi yang sebelumnya dosen perguruan tinggi itu harus diribetkan dengan namanya birokrasi yang memang berbelit-belit maka akan diganti dengan proses akreditasi di perguruan tinggi yang kini dibuat lebih simpel, melalui sistem automasi akreditasi," terang Lukman.

"Sehingga tak ada lagi pengisian borang-borang setebal 'bantal', yang menyita waktu dan tenaga para dosen yang nantinya dengan otomasi akreditasi itu akan dilaksanakan dengan lebih cepat karena nanti cukup meng-collect dari data yang ada," jelasnya.

"Sistem otomasi akreditasi perguruan tinggi akan berlaku selama 5 tahun, jika waktunya habis maka dilakukan perpanjangan secara otomatis," tutup Lukman. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat