visitaaponce.com

STP Trisakti Resmi Menjadi Institut Pariwisata Trisakti

STP Trisakti Resmi Menjadi Institut Pariwisata Trisakti
Penyerahan SK Mendikbud-Ristek tentang Perubahan Bentuk STP Trisaksi menjadi Institut Pariwisata Trisakti di Jakarta, Kamis (30/3).(Ist)

SETELAH melalui berbagai proses tahapan yang cukup panjang, kini Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti telah resmi menjadi Institut Pariwisata Trisakti. Hal itu berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia No: 272/E/O2023 tentang Perubahan Bentuk STPT Menjadi Institut Pariwisata Trisakti serta Penambahan Program Studi tertanggal 15 Maret 2023.

Surat keputusan itu diserahkan oleh Noviyanto, Kepala Bagian Umum Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III sebagai perwakilan Kepala LLDikti Wilayah III Paristiyanti Nurwardhani kepada Lukman Effendi, Bendahara Yayasan Trisakti didampingi pimpinan dan Senat Institut Pariwisata Trisakti di Jakarta, Kamis (30/3).

STP Trisakti merupakan perguruan tinggi yang telah berkiprah selama 53 tahun menghasilkan lulusan-lulusan terbaik pada bidang pariwisata. Dengan akreditasi unggul dan UNWTO yang diraih, STP Trisakti terus berusaha menjadi perguruan tinggi terbaik, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di kancah global, khususnya dalam bidang pariwisata.

Memiliki lebih dari 18.000 alumni yang tersebar di berbagai industri yang lahir dari sejumlah program studi yakni Sarjana Terapan Pengelolaan Perhotelan, Sarjana Terapan Usaha Perjalanan Wisata, Sarjana Pariwisata, Magister Pariwisata, dan Doktoral Pariwisata.

Seperti tercantum di dalam SK Mendikbud-Ristek, Institut Pariwisata Trisakti akan menambahkan 2 prodi baru yaitu Bisnis Digital dan Kewirausahaan.


Baca juga: UGM Lepas Varietas Padi Gamagora 7 ke Publik


"Bagi Perguruan Tinggi harus tertib administrasi terkait dengan pangkalan data. Diberikan waktu selama 3 bulan untuk melakukan migrasi data dan melakukan proses penyesuain akreditasi perguruan tinggi. Terkait dengan pembukaan program studi baru, harus memiliki 5 dosen dari 2 prodi baru dan harus segera diusulkan NIDN," ujar Noviyanto.

Hadir pula Kepala Bagian Tata Usaha LLDikti Wilayah III, Norsanty, yang dalam sambutannya mengatakan bahwa penyesuaian akreditasi Perguruan Tinggi dari Sekolah Tinggi menjadi Institut harus segera dikoordinasikan ke BANPT/LAM. Selain itu, terkait status harus segera disahkan setelah mendapat persetujuan dari Yayasan baru bisa untuk dilakukan pemilihan Rektor.

"Dua prodi baru akan dimulai pada ganjil 2023/2024, apabila di tahun pertama belum mendapatkan mahasiswa harus segera bersurat ke LLDikti agar disesuaikan pada PD Dikti," imbuhnya.

Sementara itu, Fetty Asmaniati, mewakili pihak perguruan tinggi mengucapkan terima kasih dan kegembiraannya atas persetujuan perubahan bentuk STP menjadi Institut Pariwisata Trisakti.

"STP Trisakti yang telah berubah menjadi Institut Pariwisata Trisakti siap untuk melahirkan lebih banyak lulusan-lulusan terbaik dan dapat mengemban amanah baru demi memajukan NKRI terkhusus dalam bidang pariwisata," ujarnya. (Ant/I-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat