visitaaponce.com

CVSKL Lakukan Prosedur MitraClip untuk Atasi Masalah Regurgitasi Katup Mitral Jantung

CVSKL Lakukan Prosedur MitraClip™ untuk Atasi Masalah Regurgitasi Katup Mitral Jantung
Cardiac Vascular Sentral Kuala Lumpur (CVSKL) sukses melaksanakan prosedur inovatif MitraClip™ untuk atasi Regurgitasi katup mitral jantung.(Ist)

SATU gebrakan oleh Cardiac Vascular Sentral Kuala Lumpur (CVSKL) yang dalam tahun 2023 ini telah sukses melaksanakan prosedur inovatif MitraClip™.

Prosedur inovatif MitraClip™.menjadikan salah satu pionir rumah sakit swasta di Malaysia yang menyediakan pengobatan mutakhir ini untuk masalah regurgitasi katup mitral jatung.

"Prosedur MitraClip memungkinkan kita menangani regurgitasi katup mitral dalam beberapa kasus tanpa pembedahan dada terbuka secara konvensional," kata dr. Al Fazir, konsultan kardiolog terkemuka dari CVSKL dalam keterangan, Kamis (14/12/2023).

Baca juga: Ini yang Dimaksud Penyakit Gagal Jantung dan Cara Meminimalkannya

Jantung merupakan pompa satu arah yang mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Ia terdiri dari empat ruangan (2 bilik dan 2 serambi) dan empat katup, di mana setiap katup memiliki flap (daun katup atau cusp).

Bayangkan katup-katup ini seperti pintu berayun satu arah yang memastikan darah mengalir sesuai jalurnya.

Ketika jantung berkontraksi, pintu ini terbuka untuk membiarkan darah mengalir ke ruang berikutnya, dan saat istirahat, pintu ini menutup erat mencegah darah kembali ke belakang.

Salah satu katup yang penting adalah katup mitral. Pada kondisi tertentu, flap pada katup mitral gagal menutup sepenuhnya atau ukuran serta bentuk katup berubah, sehingga darah bisa bocor ke belakang.

Baca jugaLibatkan Puluhan Pakar, Empat Unit RS Siloam Gelar Simposium Kardiovaskular

Keadaan ini disebut regurgitasi katup mitral atau kegagalan katup mitral. Tanpa pengobatan, regurgitasi katup mitral yang parah dapat memicu gagal jantung dan kelainan irama jantung

Prosedur MitraClip™ merupakan alternatif selain operasi katup mitral konvensional dan sangat cocok untuk pasien berisiko tinggi, berusia lanjut, serta mereka dengan kondisi kesehatan yang mendasarinya, karena tidak memerlukan sayatan pada bagian dada.

Di bawah bimbingan dr. Al Fazir Omar, konsultan ahli jantung, bersama dengan dr. Choo Gim Hooi dan Dato’ dr. David Chew Soon Ping, tim CVSKL berhasil melakukan prosedur ini yang berlangsung sekitar empat jam. dr. Al Fazir menyatakan kegembiraannya mengenai pencapaian bersejarah ini.

Ia menyatakan, "Prosedur MitraClip memungkinkan pemulihan yang lebih cepat. Pasien diperbolehkan pulang hanya dua hari setelah prosedur. Ini benar-benar mengubah cara kita menghadapi regurgitasi katup mitral."

Baca juga: Rutin Medical Check-Up Bisa Tekan Risiko Penyakit Jantung

Dokter  Choo menambahkan, "Kesuksesan ini tidak dapat terjadi tanpa sinergi luar biasa antara tim kardiolog dan tim bedah yang berdedikasi."

Dokter. David juga menyatakan, "Prosedur canggih seperti MitraClip membutuhkan tim jantung yang solid; saya juga ingin berterima kasih kepada radiografer dan perawat kami yang bekerja keras bersama di kathlab."

Pencapaian CVSKL dalam melakukan prosedur MitraClip™ yang berhasil merupakan langkah besar dalam mengatasi regurgitasi katup mitral.

Program Jantung Struktural CVSKL semakin ditingkatkan dengan tambahan MitraClip™ di repertoar, menjalankan misi menjadi Pusat Keunggulan dalam semua aspek yang berkaitan dengan penyakit jantung dan pembuluh darah. (S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat