visitaaponce.com

Muhadjir Sesali 8 Pengungsi Rohingya Kantongi KTP Medan

Muhadjir Sesali 8 Pengungsi Rohingya Kantongi KTP Medan
8 pengungsi Rohingya memiliki KTP Sumatera Utara(Antara)

MENTERI Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menkopmk) Muhadjir Effendy menyesalkan ditemukannya 8 pengungsi Rohingya memiliki KTP Medan.

"Itu saya belum dapatkan laporan secara detail bagaimana para pengungsi kok bisa mendapatkan KTP mungkin ada di kewenangan Kementerian Dalam Negeri untuk memastikan kenapa dia mendapatkan KTP itu. Tetapi saya termasuk orang yang sangat menyesalkan sampai terjadi dan itu berarti birokrasi kita itu telah kecolongan dengan kasus itu," kata Muhadjir di Jakarta Pusat. Senin (18/12).

Oleh harus perlu ditelisik lebih jauh kembali, jangan sampai 8 kasus yang ditemukan hanya sebagian kecil atau bahkan ada upaya naturalisasi pengungsi secara diam-diam. Selai itu perlu ditelusuri siapa yang membuat KTP palsu tersebut.

Baca juga: Muhadjir Sesali 8 Pengungsi Rohingya Kantongi KTP Medan

"Saya kira tidak boleh terjadi karena bagaimanapun kedatangan para pengungsi Rohingya ini adalah kedatangan yang tidak kita kehendaki dan kita tidak memiliki keterikatan dengan UNHCR untuk menampung dia sebagai status pengungsi," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya ditemukan 8 pengungsi Rohingnya memiliki KTP Medan. Mereka kedapatan mengantongi KTP saat memasuki wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca juga: Presiden Jokowi akan Bahas Pengungsi Rohingya di KTT ASEAN-Jepang

Seiring dengan diketahuinya banyak kejadian yang tidak mengenakan atau cukup memprihatinkan atau bagian dari tindak pidana perdagangan orang.

"Maka sebaiknya pemerintah harus tegas minta pertanggung jawaban kepada UNHCR dan harus segera dicarikan tempat yang sebagaimana menjadi tanggung jawab dari UNHCR," pungkasnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat