visitaaponce.com

Jokowi Hadiri Pembangunan RSUP Pertama di IKN

Jokowi Hadiri Pembangunan RSUP Pertama di IKN
Prosesi peletakan batu pertama Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) di Ibu Kota Nusantara oleh Presiden, Rabu (20/12).(Setpres)

PRESIDEN Joko Widodo atau Jokowi meresmikan groundbreaking atau peletakan batu pertama Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (20/12).

Sebelumnya, tiga bulan lalu presiden juga menghadiri groundbreaking pembangunan tiga RS swasta yakni RS Hermina, RS Abdi Waluyo, dan RS Mayapada.

"Hari ini kita groundbreaking lagi untuk RS umum pusat yang akan dibangun oleh pemerintah. Setelah ini sudah ngantri lagi tiga RS swasta," ujar Jokowi seperti disiarkan dalam YouTube Sekretariat Presiden.

Baca juga : Jokowi: Tinggal di IKN Mestinya Jauh dari Sakit Stroke

Presiden mengatakan banyak investor membangun RS di IKN. Presiden juga berharap masyarakat tidak lagi pergi berobat ke luar negeri dengan adanya fasilitas kesehatan.

"Saya enggak tahu di Ibu Kota Nusantara ini kok berbondong-bondong orang mendirikan rumah sakit. Ini nanti mestinya kalau sudah jadi, semuanya tidak ada lagi masyarakat kita yang pergi ke Malaysia, Singapur, Jepang, ke Amerika untuk kesehatannya," terang Jokowi. 

"Kita harapkan semuanya nanti bisa dilakukan di Indonesia, di Ibu Kota Nusantara khususnya," imbuhnya.

Baca juga : Presiden Haruskan Semua Bangunan di IKN Green Building

Presiden menjelaskan fokus dari RSUP di IKN nantinya hanya pada penanganan penyakit jantung dan stroke. Tetapi suasana di IKN yang banyak pepohonan, menurut presiden diharapkan membantu pemulihan pasien.

"Kalau kita melihat kehijauan di sini, oksigennya banyak mestinya pikirannya senang. (penyakit) Strokenya menjauh lah menurut saya. (sakit) Jantungnya juga menjauh karena apanya suasananya di sini adalah suasana hijau," ujarnya.

Presiden meminta pihak yang ingin membangun fasilitas di IKN harus mempertimbangkan teknologi ramah lingkungan.

Baca juga : Presiden Jokowi: IKN Bakal Menjadi Muara Pertemuaan Berbagai Budaya

"Selalu saya tekankan pada siapapun yang membangun di Ibu Kota Nusantara gedungnya harus gedung hijau green building, kemudian lingkungan yang hijau lingkungannya juga harus lingkungan hijau," ucapnya.

Untuk membuat kawasan di IKN menjadi hijau, presiden mengatakan pemerintah berupaya melakukan reforestasi atau penanaman kembali. Selain itu juga, IKN akan diwarnai dengan kehadiran pohon-pohon endemik.

"Memang akan kita hijaukan, sehingga hari ini kita juga akan melakukan penghutannan kembali reforestasi, melakukan penghijauan, penananaman pohon-pohon endemik. Sekali lagi agar kawasan yang ada di Ibu Kota Nusantara ini menjadi sebuah kawasan yang sangat hijau yang di negara manapun tidak dijumpai ibu kota yang sehijau Nusantara ini," tukasnya. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat