visitaaponce.com

15 Makanan Viral Yang Cocok Jadi Santapan Bersama Di Malam Tahun Baru

15 Makanan Viral Yang Cocok Jadi Santapan Bersama Di Malam Tahun Baru
Berikut 15 makanan yang viral pada 2023 yang bisa dinikmati pada malam tahun baru. (Freepik)

MENYAMBUT tahun baru 2024, saatnya memikirkan menu hidangan viral yang cocok untuk kudapan malam tahun baru. Beberapa makanan viral sepanjang 2023 ini dapat menjadi inspirasi menu untuk menikmati kebersamaan di malam pergantian tahun. 

Setiap tahunnya, industri makanan akan membuat tren kuliner terbarunya dengan cita rasa yang beragam. Tren kuliner ini viral karena sebuah unggahan di media sosial, mulai dari Instagram sampai Tiktok. 

Berikut adalah daftar menu viral selama tahun 2023

Baca juga: 15 Lokasi yang Bisa dikunjungi Saat Malam Tahun Baru 2023 di Jakarta

Dok.Pinterest

1. Cromboloni 

Makanan ini masih menjadi incaran banyak orang. Berawal dari unggahan salah satu konten creator di Tiktok, membuat cromboloni menjadi pastry nomor satu yang ludes terjual selama 2023.  Camilan ini terbuat dari danish pastry yang digulung berbentuk layer melingkar dan didalamnya diisi dengan filling berbagai macam rasa. Menu ini bisa menjadi pilihan dessert untuk malam tahun baru nanti. 

Baca juga: Kegiatan Seru Malam Tahun Baru di Rumah Bersama Keluarga atau Teman

Dok.Pinterest

2. Es kul-kul 

Makanan selanjutnya adalah aneka ragam es kul-kul. Meskipun es kul-kul sudah ada sejak lama, camilan ini kembali viral tahun 2023 dengan beberapa perbedaan yang menarik. Kalau dulu es kul-kul hanya berisikan buah dengan balutan coklat, sekarang es kul-kul hadir dengan berbagai makanan, seperti roti, kolang kaling, kurma, dan donat. Camilan yang manis ini akan sangat cocok dinikmati sambil menonton film favorite keluarga di rumah. 

Dok.Pinterest

3. Buah siram coklat

Awalnya makanan ini diviralkan konten kreator asal Malaysia, hampir serupa dengan salad buah hanya saja saus yang digunakan diganti dengan lelehan coklat. Isian buah yang beragam dicampur dengan saus coklat akan sangat menyegarkan jika disantap saat malam tahun baru. 

Dok.Pinterest

4. Salad Thailand 

Jika menyukai makanan mentah atau menyukai sebuah tantangan, salad Thailand sangat cocok untuk dinikmati bersama-sama. Berisikan sayuran dan aneka seafood mentah dari rajungan sampai udang membuat salad ini terlihat sangat beda, namun tenang saja tidak akan ada bau amis karena terdapat jeruk nipis dan saus khas Thailand yang dapat menyegarkan dan menghilangkan bau. 

Dok.Pinterest

5. Seblak mamang Rafael 

Seblak adalah makanan khas Bandung yang banyak digemari banyak orang. Seblak ini viral sejak Rafael membuat inovasi seblak coet. Hanya berisikan kerupuk bunga, racikan bumbu cabe rawit dan kencur lalu disiram dengan minyak panas membuat seblak ini seperti seblak otentik. Sambil menunggu detik-detik tahun baru, seblak ini akan sangat cocok disantap bersama-sama. 

Dok.Pinterest

6. Slim Toast 

Sandwich tuna cado viral berseliweran di Tiktok karena berbeda dengan sandwich lainnya. Slim toast tuna cado memiliki tekstur roti yang renyah, tipis dan dipadukan dengan tuna cado yang lezat serta sehat. Makanan ini akan cocok di makan untuk menikmati malam tahun baru. 

Dok.Pinterest

7. Mochi Daifuku 

Makanan khas Jepang ini viral di media sosial selama tahun 2023. Perpaduan kenyal moci ditambah rasa segar dan manis dari buah-buahan, membuat mochi daifuku akan sangat nikmat di makan saat perayaan pergantian tahun.  

dok.Pinterest

8. Tahu panas 

Suasana malam dengan cuaca dingin sangat cocok untuk mencicipi makanan viral ini. Tahu goreng panas atau bisa disebut hahu hoheng ini viral semenjak ada sebuah video mukbang yang berasal dari China. Ia sedang menyantap tahu goreng langsung dari kompor yang dibalut bubuk cabai sebagai pelengkapnya. Tapi, jika ingin mencobanya harus berhati-hati karena makanan ini bisa membahayakan lidah Anda. 

Dok.Pinterest

9. Latiau

Camilan khas Negeri Tirai Bambu ini pun sukses mencuri perhatian warganet. Dengan bahan dasar tepung gandum atau tepung biji-bijian lalu dibumbui minyak cabai (chili oil) membuat camilan ini mempunyai rasa yang cukup unik. Dengan rasa dan tekstur yang unik ini membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya. Untuk itu camilan ini bisa menjadi salah atau pilihan menu yang ada di malam tahun baru. 

dok.Pinterest

10. Salted egg chicken 

Untuk menu beratnya, salted egg chicken bisa menjadi pilihan. Perpaduan antara gurih dan asin dari telur asin, ditambah tekstur daging ayam membuat makanan ini sangat nikmat disantap dengan nasi hangat. 

Dok.Pinterest

11. Cireng isi ayam pedas

Kenyalnya aci dipadukan dengan pedasnya ayam suwir membuat cireng menjadi camilan favorit warga lokal. Cireng isi ayam pedas ini kembali viral di media sosial, khususnya di Bandung, Depok dan Jakarta. Banyak orang yang rela antri untuk mencicipi jajanan ini. Nah, bagi kamu yang menyukainya, jajanan ini bisa menjadi salah satu hidangan yang wajib ada saat perayaan malam tahun baru. 

Dok.Pinterest

12. Korean barbeque 

Malam-malam akan sangat seru jika diisi dengan kegiatan bakar-bakar. Korean barbeque ini bisa menjadi alternatif pilihan. Selain rasanya yang lezat, bakar-bakar juga bisa membangun bonding antara keluarga atau teman sehingga akan merasakan kedekatan yang luar biasa. 

Dok.Pinterest

13. Bluder cokro

Masih ingat dengan keviralan makanan ini? Bluder cokro yang dipadukan dengan susu menghasilkan rasa yang sangat nikmat. Makanan ini juga bisa menjadi pelengkap untuk menu dessert menyambut malam tahun baru. 

Dok.Pinterest

14. Gohyong

Sempat viral di daerah Cikini, gohyong menjadi incaran para warga net. Teksturnya yang unik dan sausnya yang menggoda, membuat gohyong menjadi comfort food bagi para pecinta kuliner. Sajian yang cocok dimakan saat masih hangat ini, bisa menjadi pilihan untuk menu tahun baru. 

dok.Pinterest

15. Keripik 

Banyaknya varian keripik, seperti kripik kaca, basreng pedas, makaroni juga bisa menjadi camilan untuk bersantai saat menonton film bersama keluarga pada malam tahun baru. Teksturnya yang garing dan terdapat banyak pilihan rasa, membuat orang yang makan ini tidak bisa berhenti. Camilan ini sangat cocok untuk segala usia dengan menyesuaikan rasa yang sesuai dengan selera.

Nah, itulah 15 makanan viral yang dapat menemani perayaan malam tahun baru. Mulai dari makanan ringan, manis, pedas hingga berat bisa menjadi pilihan bagi Anda semua. Makanan ini bisa digunakan sebagai pelengkap makanan utama seperti jagung bakar, ayam bakar maupun ikan bakar yang sangat identik dengan malam tahun baru. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat