visitaaponce.com

Pengertian Lembaga Sosial, Jenis, dan Contohnya

Pengertian Lembaga Sosial, Jenis, dan Contohnya
Suasana Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD Tahun 2023 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.(Antara/Galih Pradipta)

LEMBAGA sosial muncul karena dorongan kesamaan pandangan dan keinginan bersama untuk mengatur kehidupan masyarakat. Dengan keberadaan lembaga sosial sebagai alat dan pola pengaturan, masyarakat dapat mencapai ketertiban sosial. Norma-norma dalam masyarakat membentuk sistem masyarakat yang dikenal sebagai pranata sosial atau lembaga sosial yang berawal dari internalisasi nilai-nilai dalam perilaku masyarakat.

Lembaga sosial memiliki peran penting dalam kehidupan bermasyarakat. Mereka membantu mengatur tata cara hidup bersama, mengajarkan nilai-nilai, dan menjaga keharmonisan masyarakat. Anggota lembaga sosial terikat pada peraturan yang telah dibuat dan wajib dipatuhi, sehingga lembaga sosial dapat mengatur perilaku, tindakan, dan aktivitas sehari-hari individu.

Manusia sebagai makhluk sosial memerlukan lembaga sosial untuk interaksi sosial. Lembaga sosial juga memberikan pedoman bagi individu dalam bersikap dan menetapkan batas-batas agar perilaku tidak menyimpang. Setiap lembaga sosial dibentuk berdasarkan fungsi dan tujuan yang berbeda. Pemahaman lebih lanjut tentang lembaga sosial dapat diperoleh melalui pengertian dari para ahli, fungsi, dan jenis-jenisnya, seperti yang diuraikan oleh laman Dosenpendidikan dan Kemdikbud.go.id.

Baca juga : St Johannes Berchmans Integrasikan Akademis dan Pendidikan Karakter

Pengertian lembaga sosial

Lembaga sosial berasal dari bahasa Inggris yaitu social institution. Ini merupakan bagian penting dari sistem nilai dan norma sosial serta struktur masyarakat. Lembaga sosial dapat dijelaskan sebagai kumpulan norma sosial yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan dan aktivitas manusia.

Beberapa ahli telah memberikan definisi mengenai lembaga sosial. Menurut Paul Horton dan Chester L. Hunt, lembaga sosial adalah sistem norma yang dibentuk untuk mencapai tujuan yang dianggap penting oleh masyarakat.

Soerjono Soekanto menggambarkan lembaga sosial sebagai kumpulan norma dari segala tingkatan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pokok manusia. Koentjaraningrat mengartikan lembaga sosial sebagai sistem perilaku dan hubungan yang berusaha memenuhi kebutuhan khusus manusia yang kompleks.

Baca juga : RUU DKJ: Gubernur Jakarta Ditunjuk Presiden, Warganet Ramai-Ramai Menolak

Peter L. Berger menyatakan bahwa lembaga sosial merupakan prosedur yang mengarahkan perilaku manusia sesuai dengan pola yang diakui oleh masyarakat. 

Dalam kaitannya dengan kehidupan bermasyarakat, lembaga sosial berperan penting dalam mempertahankan hubungan yang harmonis dan mengatur tata cara hidup bersama. Sebagai contoh, lembaga sosial mengatur norma-norma yang membentuk tatanan masyarakat, seperti norma dalam keluarga, agama, pendidikan, dan ekonomi.

Sebagaimana disampaikan oleh Modul Pembelajaran SMA Sosiologi Kelas X (2020) Kemendikbud, lembaga sosial adalah sistem tata kelakuan yang bertujuan memenuhi kebutuhan khusus masyarakat. Norma-norma yang diterapkan dalam lembaga sosial memastikan ada keteraturan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga : Sekolah Dasar dan Menengah Harus Bersih dari Kampanye Politik Praktis

Pendapat lain dari para ahli juga menegaskan peran lembaga sosial dalam memelihara nilai-nilai dan mengarahkan perilaku individu dalam masyarakat. Mayor Polak menggambarkan lembaga sosial sebagai sistem yang mempertahankan nilai-nilai masyarakat. W. Hamilton menekankan bahwa pelanggar norma sosial akan diberi sanksi sesuai aturan.

Dengan berbagai pandangan tersebut, dapat disimpulkan bahwa lembaga sosial merupakan sistem sosial yang berfungsi untuk mengatur pola perilaku dan hubungan dalam masyarakat serta menjaga keselarasan dan harmoni antara individu dan lingkungan sosialnya.

Ciri-ciri lembaga sosial

Dalam struktur masyarakat, lembaga sosial memainkan peran penting sebagai penyelenggara norma, nilai, dan kegiatan. Berdasarkan ciri khas dan karakteristiknya, lembaga sosial menjadi identitas yang kuat dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga : Survei: TNI Paling Dipercaya Publik. Ini Sebabnya

1. Simbol identitas.

Setiap lembaga sosial memiliki simbol yang mencerminkan tujuan dan identitasnya. Contohnya, timbangan sebagai simbol lembaga hukum dan Tut Wuri Handayani sebagai simbol lembaga pendidikan.

2. Tradisi dan tata tertib.

Tata tertib dan tradisi menjadi fondasi yang kuat bagi lembaga sosial. Mereka menetapkan aturan, baik tertulis maupun tidak tertulis, yang menjadi pedoman bagi anggotanya. Sebagai contoh, adat menghormati anggota keluarga yang lebih tua dalam lembaga keluarga.

3. Warisan generasi.

Lembaga sosial memiliki umur yang melebihi usia anggotanya. Pewarisan nilai dan tradisi dari generasi ke generasi menjadi ciri khasnya. Misalnya, sistem tradisi dalam lembaga keluarga yang tetap dijunjung tinggi dari masa ke masa.

Baca juga : EF Kids & Teens Perkuat Kemampuan Guru Bahasa Inggris di Daerah Pariwisata

4. Ideologi yang dianut.

Setiap lembaga sosial memiliki ideologi atau gagasan yang dianggap ideal oleh anggotanya. Sebagai contoh, lembaga politik atau hukum yang mengadopsi ideologi Pancasila.

5. Alat kelengkapan.

Untuk mencapai tujuan, lembaga sosial menggunakan alat kelengkapan yang tepat. Contohnya, buku sebagai alat utama dalam lembaga pendidikan.

6. Kekekalan dan daya tahan.

Keberadaan lembaga sosial tidak mudah tergantikan. Mereka bertahan dalam jangka waktu yang panjang karena telah terbentuk dalam tradisi dan nilai yang kuat.

Baca juga : Diikuti Siswa 12-17 Tahun, Turnamen Bola Basket Jr. NBA 3v3 Sukses Digelar

Jenis-jenis lembaga sosial

Lembaga sosial menjadi jantung kehidupan bermasyarakat, membentuk norma, nilai, dan interaksi yang mengatur pola hidup manusia. Berikut enam jenis lembaga sosial yang memainkan peran penting dalam dinamika masyarakat.

1. Lembaga keluarga sebagai fondasi keharmonisan.

Lembaga keluarga yang terkecil tetapi paling dekat dengan kehidupan sehari-hari. Lembaga ini menetapkan aturan dan norma bagi anggotanya. Fungsi-fungsinya, seperti memberikan status sosial, fungsi reproduksi, sosialisasi, afeksi, ekonomi, pengawasan sosial, dan proteksi, membentuk fondasi yang kuat bagi kesejahteraan keluarga.

2. Lembaga agama sebagai wadah spiritual dan sosial.

Lembaga agama mengatur hubungan manusia dengan Tuhan, sesama manusia, dan lingkungan. Fungsinya, seperti menyatukan melalui simbol, nilai, dan norma, serta memberikan tujuan hidup yang jelas, menunjukkan peran pentingnya dalam membentuk identitas dan moralitas masyarakat.

Baca juga : PPDB di DKI Jakarta Dimulai Hari Ini, Cek Jadwal dan Syaratnya di Sini

3. Lembaga pendidikan sebagai penyongsong masa depan.

Lembaga pendidikan mengubah perilaku manusia ke arah yang lebih baik melalui proses belajar-mengajar. Fungsi-fungsi manifes dan laten, seperti persiapan mencari nafkah, pengembangan bakat, dan pemikiran kritis, membentuk karakter dan kualitas individu serta masyarakat.

4. Lembaga ekonomi sebagai penggerak kesejahteraan.

Lembaga ekonomi mengatur hubungan antarmanusia dalam pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari. Dengan fokus pada produksi, distribusi, dan konsumsi, lembaga ini membentuk kesejahteraan dan keberlanjutan ekonomi masyarakat.

5. Lembaga hukum sebagai pilar keadilan dan ketertiban.

Lembaga hukum mengatur tata tertib dan memberikan perlindungan serta pelayanan hukum bagi masyarakat. Dengan melindungi hak asasi, memberi pedoman bertingkah laku, menegakkan peraturan, dan memberi sanksi, lembaga ini menjaga keadilan dan ketertiban sosial.

Baca juga : Dalam Etika Berjejaring Sosial, Jarimu adalah Harimaumu

6. Lembaga politik sebagai perwujudan kepemimpinan dan kesejahteraan bersama.

Lembaga politik mengatur kekuasaan dalam masyarakat untuk mewujudkan kebaikan bersama. Dengan menjaga ketertiban, keamanan, kesejahteraan umum, dan mengatur proses politik, lembaga ini menjadi motor penggerak perubahan dan kemajuan sosial.

Contoh lembaga sosial

Contoh-contoh lembaga sosial berdasarkan jenisnya.

1. Lembaga keluarga.

a. Keluarga inti (nuclear family) terdiri dari ayah, ibu, dan anak-anak.

Baca juga : Hampir 1.300 Sekolah Umum di Sumut Tak Punya Guru Pendidikan Agama Islam

b. Keluarga besar (extended family) meliputi kakek, nenek, paman, bibi, pakde, bude, keponakan, dan ipar.

2. Lembaga agama.

a. Majelis Ulama Indonesia (MUI).

b. Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI).

Baca juga : Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah Gelar Pembekalan Kepala Sekolah ke Singapura

c. Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI).

d. Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI).

e. Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi).

Baca juga : Anies Ingin Satukan Gedung SD, SMP, SMA agar Siswa Akur

f. Majelis Tinggi Agama Konghuchu Indonesia (Matakin).

3. Lembaga pendidikan.

a. Lembaga pendidikan formal ialah sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), madrasah aliyah (MA), dan perguruan tinggi.

b. Lembaga pendidikan informal seperti pendidikan etika, budi pekerti, moral, sopan santun, dan lain-lain.

Baca juga : Sukses Sasar PTS, Edufecta Incar Pasar Pendidikan Dasar-Menengah

c. Lembaga pendidikan nonformal yaitu kursus keterampilan seperti memasak, merias, menyetir, dan sebagainya.

4. Lembaga ekonomi.

a. Bank.

b. Koperasi.

Baca juga : Kemenperin Tawarkan Pendidikan Vokasi untuk Lulusan SLTA dan SMP

c. Pasar.

d. Pegadaian.

5. Lembaga hukum.

a. Mahkamah Agung.

Baca juga : 300-an Guru PAUD hingga SMP di Sikka Berijazah SMP dan SLTA

b. Kejaksaan Agung.

c. Mahkamah Konstitusi.

d. Komisi Nasional Hak Asasi Manusia.

Baca juga : Rhoma Irama Bangun Perguruan Islam di Karawang Barat

e. Komisi Pemberantasan Korupsi.

f. Komisi Pengawas Persaingan Usaha.

g. Badan Narkotika Nasional.

Baca juga : Cinta Tanah Air, Penerbit Erlangga Gelar Festival Indonesia Menang

6. Lembaga politik.

a. Lembaga eksekutif yaitu presiden, wakil presiden, dan menteri.

b. Lembaga legislatif ialah Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

c. Partai politik. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat