visitaaponce.com

Hampir 1.300 Sekolah Umum di Sumut Tak Punya Guru Pendidikan Agama Islam

Hampir 1.300 Sekolah Umum di Sumut Tak Punya Guru Pendidikan Agama Islam
Kantor wilayah Kementerian Agama, Sumatera Utara.(dok.FB)

LEMBAGA Pengembangan Tilawatil Qur'an Sumatera Utara mendapat data yang cukup mengejutkan mengenai kondisi pendidikan agama Islam di provinsinya. Dimana banyak sekolah umum mulai sekolah dasar hingga sekolah menengah atas (SMA) tidak memiliki guru pendidikan agama Islam (GPAI)

"Berdasarkan data dari Kementerian Agama Sumut, ada sebanyak 1.289 sekolah berbagai tingkatan yang tersebar di kabupaten/kota se-Sumut tidak memiliki GPAI," ungkap  Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Sumut Asren Nasution, Senin (23/1).

Dia memerinci, dari jumlah sekolah umum tersebut sebanyak 1.049 unit di antaranya adalah tingkat SD, 161 unit SMP dan 79 unit SMA.

Dari catatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sampai dengan 2018 Sumut memiliki 16.796 sekolah umum, baik negeri maupun swasta.

Jumlah tersebut mencakup tingkat SD, SMP, SMA sederajat serta SMK. Jika mengacu data itu, maka jumlah sekolah di Sumut yang tidak memiliki GPAI mencapai hampir 8%.

Asren menilai kondisi ini perlu menjadi perhatian serius seluruh LPTQ di Sumut. Para pengurus LPTQ harus "turun gunung" ikut mencari solusi untuk pemenuhan kebutuhan GPAI.

Dia meminta para pengurus LPTQ kabupaten/kota mendukung upaya mengatasi kekurangan GPAI di daerahnya masing-masing. Sebab, guru agama memiliki peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan di Indonesia. Yakni sebagai garda terdepan dalam pendidikan keagamaan kepada anak-anak, setelah orangtua.

"GPAI juga memberi pemahaman keagamaan dan membawa perubahan moral peserta didik," imbuh Asren.

Menurut dia, kemampuan membaca Al Qur'an harus juga diiringi dengan pemahaman keagamaan yang baik. Hal itu yang menjadi salah satu peran guru pendidikan Agama Islam di sekolah.

Dia memastikan LPTQ juga akan berkomunikasi dengan seluruh kepala daerah di Sumut agar masalah ini dapat segera diatasi.(OL-13)

Baca Juga: DPR Soroti Ketidakadilan Anggaran Pendidikan Keagamaan

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat