visitaaponce.com

UIC Creative Showcase Asah Kreativitas Anak Muda Lestarikan Terumbu Karang

UIC Creative Showcase Asah Kreativitas Anak Muda Lestarikan Terumbu Karang
UIC Creative Showcase yang digelar UIC College dan Aquanest Experience sebagai bentuk kreativitas anak muda dalam menjaga kelestarian alam.(Dok UIC College.)

UIC Creative Showcase 2024, ajang yang menyatukan seni, pendidikan, dan pelestarian alam yang digelar di Bali oleh UIC College dan Aquanest Experience menjadi bentuk kreativitas anak muda dalam menjaga kelestarian alam.

Presiden Direktur USG Education Adhirama G Tusin menyampaikan melalui kampanye Let's Study and Make Coral Smile, para siswa UIC College membuktikan kreativitas mereka tidak hanya dapat menginspirasi, tetapi juga membawa perubahan nyata.

"Kreativitas yang dilakukan siswa bukan hanya ide cemerlang, tetapi juga langkah nyata demi keberlanjutan lingkungan. Ini menciptakan momen bersejarah dalam perjuangan pelestarian alam, langkah demi langkah," ungkap Adhirama dalam keterangan tertulis, hari ini.

Baca juga : Kreativitas Siswa Highscope Hasilkan Donasi Ratusan Pasang Sepatu untuk Anak-anak di Pedalaman

CEO AquaNest Experience Dirga Adhi Putra Singkarru menyatakan melalui program Coral Foster Parent Experience, masyarakat bisa terlibat dalam upaya pemulihan dan konservasi terumbu karang dan ekosistem laut.

"Kami bangga melihat anak muda khususnya siswa UIC College terlibat dalam program Coral Foster Parent sebagai orang tua asuh karang."

Dirga juga mengapresiasi salah satu hasil karya kolaborasi siswa UIC College dengan Aquanest Experience yakti sepatu dengan merek Compass. "Sepatu ini wujud kolaborasi lokal dengan menggandeng konsep coral," ucapnya.

Baca juga : Peringati Hari Anak Sedunia, 27 Anak Semarakkan Pameran Lukisan di Jakarta

Puncak acara UIC Creative Showcase 2024 yang diselenggarakan di The Nest Hotel Nusa Dua menyuguhkan persembahan siswa berbakat UIC College dan Uniprep Junior College (UJC) yang meraih prestasi gemilang dalam 11 kategori, termasuk best fashion design, best song, dan best creativepreneurship.

"Mereka tidak hanya mempresentasikan karya kreatif, tapi juga pesan moral mendalam tentang keberlanjutan lingkungan. Melalui UIC Creative Sociopreneur Showcase 2024, siswa menjadi agen perubahan lewat kreativitas dan aktivasi langsung turun ke alam untuk penanaman koral di laut," ungkap Head of USG Education BSD Campus Aimee Sukesna.

Pertunjukan kreatif itu antara lain instalasi seni dan mural terumbu karang. Mural itu kini jadi bagian di Aquanest Experience, Tanjung Benoa, Nusa Dua, Bali, dan menjadi spot foto menarik bagi wisatawan.

Baca juga : Dorong Kreativitas Anak Muda, Agatis Kenalkan Pensil Kuning

Siswa jurusan tata busana juga menciptakan keajaiban dari bahan ramah lingkungan melalui fesyen berkelanjutan yang terinspirasi keindahan terumbu karang.

Kemudian, siswa bisnis UIC College menghadirkan platform edukasi online sebagai sarana interaktif untuk menjangkau dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pelestarian terumbu karang.

"Juga, melalui program wirausaha pelestarian misalnya, wisata edukasi ke kawasan terumbu karang yang dikelola bertanggung jawab atau produk-produk kerajinan tangan dengan material daur ulang dari laut," ucapnya.

Baca juga : KT&G SangSang Univ. Indonesia dan UNJ Kerja Sama Dukung Kreativitas Mahasiswa

Para siswa juga membuat strategi promosi dan penjualan kreatif yang membantu Aquanest dalam upaya pelestarian karang.

Ada juga karya musik dari siswa UIC melalui lagu berbagai genre yang bertema pelestarian terumbu karang dan akan dirilis dalam platform musik.

Perwakilan Kemenparekraf, Hanugerah Kristiono Liestiandre dari Poltekpar Bali turut mengapresiasi inisiatif UIC College dalam menggelar UIC Creative Showcase 2024 yang fokus pada kepentingan pelestarian terumbu karang di ekosistem laut.

Baca juga : Kolaborasi Anak Bangsa, Sasa Luncurkan Augmented Reality Puzzle

Clarissa Angelica Santoso, siswa jurusan desain grafis, berharap hasil karyanya dapat memberikan edukasi kepada masyarakat atas pentingnya melestarikan terumbu karang.

Ninda Felina, Brand Ambassador Coral Foster Parents Aquanest, berharap ajang ini bisa meningkatkan antusiasme masyarakat untuk program orang tua asuh terumbu karang di Aquanest. (RO/S-2)

Baca juga : Cak Imin: Penyaluran Beasiswa LPDP tidak Tepat Sasaran

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat