visitaaponce.com

Human ResourcesHR Perlu Ketrampilan Kelola SDM dan Hadapi Tantangan

Human Resources (HR) Perlu Ketrampilan Kelola SDM dan Hadapi Tantangan
Chief Human Resources Officer MITGO, Elizaveta Orlova(Ist)

HUMAN Resources (HR) merupakan profesi yang sangat diidamkan oleh banyak orang. Namun perlu diketahui bahwa seorang professional HR berperan penting untuk mengantisipasi dan menangani tantangan dalam organisasi.

Dalam pertumbuhan organisasi biasanya memiliki dampak pada struktur tenaga kerja, budaya dan ketidakpastian di kalangan karyawan sehingga HR perlu memiliki keterampilan dalam mengelola situasi tersebut.

Selain itu juga HR perlu memiliki keterampilan seperti manajemen konflik, kepemimpinan, komunikasi, manajemen perubahan, sekaligus manajemen emosional.

Baca juga : Employee Well-Being, Modal Awal Ciptakan SDM Unggul Menuju Indonesia Maju 

MITGO merupakan perusahaan MarTech Global yang telah berhasil masuk ke dalam peringkat tahunan Newsweek sebagai salah satu dari 100 Tempat Kerja Paling Dicintai di Dunia dan mendapatkan pengakuan dalam penghargaan EBMA.

Berikut tips dan trik yang diberikan oleh MITGO dalam menciptakan pengalaman karyawan yang positif dalam organisasi.

Melakukan penyelarasan budaya pada organisasi yang sedang mengalami pertumbuhan salah satunya pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang mengalami ekspansi cepat.

Baca juga : Pendekatan People Analytics Bantu Pantau Kinerja SDM Perusahaan

Fokus pada keseragaman organisasi yang sejalan dan padu dapat meningkatkan kerja sama tim, meningkatkan semangat dan memfasilitasi pengambilan keputusan yang efektif.

Dalam menyelaraskan budaya pada organisasi dengan efektif, professional HR perlu memerlukan keterampilan seperti pemahaman terhadap budaya organisasi, mengevaluasi serta mengukur aspek pada budaya di lingkungan kerja, pengembangan strategi nilai & tujuan perusahaan, memastikan strategi keterlibatan dan dukungan untuk karyawan serta hal lain yang perlu di perhatikan dalam SDM di perusahaan.

Elizaveta Orlova selaku Chief Human Resources Officer MITGO, mengatakan,“Empati, Komunikasi terarah dan strategi yang tepat merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam mengelola manajemen organisasi."

Baca juga : Kanmo Group Raih Penghargaan Perusahaan dengan Praktik SDM Terbaik

"Karyawan merupakan bagian kritis dalam pertumbuhan disetiap organisasi, dan terlibat dalam setiap keputusan untuk menghasilkan pertumbuhan yang luar biasa,” ucap Eliza.

MITGO berkomitmen untuk membentuk lingkungan kerja positif dengan langkah-langkah konkret.

Komunikasi Terbuka Jadi Kunci

Baca juga : Inilah Barisan Perusahaan Favorit 2023 Versi SWA dan Korn Ferry 

"Komunikasi terbuka menjadi kunci dalam membangun hubungan yang kuat antara manajemen dan karyawan, dengan pemimpin SDM mendorong dialog terbuka untuk menanggapi setiap kekhawatiran atau masalah," paparnya.

"Dalam peran HR, kami aktif mendengarkan kekhawatiran dan umpan balik karyawan, memperlihatkan bahwa pendapat mereka dihargai," jelas Eliza.

"Melalui pelatihan keterampilan menyelesaikan masalah dan konflik, kami berkomitmen untuk memastikan harmoni antara manajemen dan karyawan," terangnya.

Baca juga : Tingkatkan Kualitas SDM, Kanmo Group Gelar KFL Fellowship Gelombang Kedua 

"Pendekatan empatik, pemahaman terhadap kebutuhan karyawan, dan kepemimpinan yang kuat menjadi landasan dalam mencapai tujuan organisasi sambil mempertimbangkan kepentingan individu anggota tim," ujar Eliza..

Untuk menciptakan pemimpin dan karyawan yang unggul, kita dapat mengadopsi praktik yang sukses seperti yang diterapkan oleh MITGO melalui pelatihan kepemimpinan terbaru.

Pertama, investasikan dalam pembelajaran dan pengembangan berkelanjutan melalui program-program seperti kursus, lokakarya, atau seminar untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan dalam fase pertumbuhan.

Baca juga : Gandeng Darwinbox, FKS Group Kembangkan Talenta Perusahaan

Kedua, manfaatkan teknologi, seperti perangkat lunak analitik SDM, untuk mendapatkan wawasan tentang kepuasan karyawan dan mengidentifikasi potensi masalah.

Platform digital juga dapat memfasilitasi komunikasi terbuka, mengurangi kesalahpahaman, dan meningkatkan transparansi.

Terakhir, bangun komunikasi terbuka dan kolaborasi dengan mengadakan pertemuan rutin, menciptakan forum diskusi terbuka, dan mendorong karyawan untuk menyuarakan kekhawatiran mereka, menciptakan lingkungan yang mendukung.

Baca juga : Skor Keterlibatan Karyawan Tinggi, Trakindo Raih Penghargaan Most Engaged Workplaces

Dengan memfokuskan pada area-area ini, praktisi SDM dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan mereka dalam mengelola tantangan pengalaman karyawan selama fase pertumbuhan, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada kesuksesan organisasi. (S-4)

 

Baca juga : Komunikasi Perkuat Hubungan Internal Perusahaan Ciptakan Sinergi Apik

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat