visitaaponce.com

Budaya Jamu Sehat Indonesia Ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda UNESCO

Budaya Jamu Sehat Indonesia Ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda UNESCO
Jamu ditetapkan warisan budaya tak benda(Dok. MI)

MENTERI Luar Negeri RI, Retno Marsudi, resmi menerima sertifikat asli penetapan Budaya Jamu Sehat sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia UNESCO dari Dubes dan Delegasi Tetap RI untuk UNESCO. 

Dalam unggahan Instagram pada Minggu, 4 Februari 2024, Retno Marsudi menyatakan bahwa ia telah menerima sertifikat resmi bahwa jamu mendapatkan pengakuan warisan budaya tak benda dari UNESCO

"Sebelum pulang ke Jakarta, saya secara resmi menerima sertifikat asli yang menetapkan Budaya Sehat Jamu sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia UNESCO dari Dubes/Delegasi Tetap RI untuk UNESCO," tulisnya di akun Instagram resmi @retno_marsudi (4/2). 

Baca juga : UNESCO Menetapkan Jamu sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia

Insripsi Budaya Sehat Jamu ditetapkan pada Sidang Komite Konvensi Warisan Budaya Takbenda UNESCO ke-18 di Kasane, Botswana, pada 6 Desember 2023.

Dikutip dari siaran pers KBRI Pretoria, Retno menjelaskan bahwa Budaya Jamu Sehat Indonesia mencakup keterampilan tradisional dan nilai-nilai budaya terkait dengan penggunaan obat-obatan alami tradisional yang berasal dari tumbuhan dan rempah-rempah, serta praktik pengobatan tradisional yang bertujuan meningkatkan kesehatan dengan memperkuat kekebalan tubuh.

"UNESCO juga mengakui bahwa Budaya Jamu mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, termasuk Kesehatan dan Kesejahteraan, Kesetaraan Gender, Produksi dan Konsumsi yang Bertanggung Jawab, dan Kehidupan di Darat," tambahnya.

Baca juga : Jamu akan Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO pada Tahun Ini

Merespon hal tersebut, Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh RI untuk Republik Afrika Selatan, yang juga merangkap Republik Botswana, Kerajaan Eswatini, dan Kerajaan Lesotho, Saud Purwanto Krisnawan, menyambut baik keputusan ini dan menganggapnya sebagai langkah positif dalam mempromosikan budaya Indonesia.

Reaksi serupa juga datang dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, yang mengaku bangga dengan pengumuman tersebut. Dia menyatakan bahwa budaya jamu telah menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup masyarakat Indonesia.

“Sejak dulu hingga kini budaya jamu terus dipelajari, dikembangkan dan diwariskan dari generasi ke generasi. Jamu telah menjadi bagian cara hidup di Indonesia dan akan terus dilestarikan melalui pendidikan formal dan non formal, penelitian, pengembangan, dan inovasi,” tulis Nadiem di Instagram pribadinya @nadiemmakarim 

Baca juga : Putri Kuswisnu Wardani Dukung Jamu Jadi Warisan Budaya UNESCO

Selanjutnya, Wakil Delegasi Tetap RI untuk UNESCO, Ismunandar, menyatakan bahwa penetapan Budaya Sehat Jamu sebagai Warisan Budaya Tak benda (WBTB) UNESCO adalah hasil kolaborasi antara komunitas lokal yang didukung oleh pemerintah.

“UNESCO menilai partisipasi masyarakat ini sangat baik, bahkan dianggap sebagai model yang dapat diikuti oleh negara lain,” ungkapnya

Baca juga : Jamu Ditetapkan sebagai Nominasi Warisan Budaya tak Benda Dunia UNESCO

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat