visitaaponce.com

KLHK Sampah Alat Peraga Kampanye Pemilu 2024 Diprediksi 392 Ribu Ton

KLHK: Sampah Alat Peraga Kampanye Pemilu 2024 Diprediksi 392 Ribu Ton
Sampah alat peraga kampanye(MI/Ramdani)

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memperkirakan volume sampah yang dihasilkan dari gelaran Pemilu 2024 paling sedikit mencapai 784 ribu meter kubik atau setara 392 ribu ton. Sampah sebesar itu sebagian besar berasal dari alat peraga kampanye, baik untuk pilpres maupun pileg.

“Hal ini bisa dibayangkan magnitudenya, karena hampir semua dari sampah yang dihasilkan adalah berupa sampah plastik,” kata Novrizal saat dihubungi, Rabu (14/2).

Novrizal mengaku, selama ini sampah-sampah yang timbul akibat kegiatan pemilu belum ditangani secara khusus. Penanganannya masih dilakukan secara bussiness as usual dengan mengumpulkan dan membawa sampah ke TPA untuk ditimbun.

Baca juga : KLHK: Alat Peraga Kampanye Tidak Boleh Dibuang Ke TPA

Adapun, pada pemilu tahun 2024 ini, KLHK mengeluarkan terobosan kebijakan melalui Surat Edaran (SE) Menteri LHK Nomor 3 tahun 2024.

“Pada prinsipnya, sampah-sampah yang timbul akibat kegiatan Pemilu, khususnya alat peraga kampanye, diupayakan secara maksimal dapat diolah menjadi bahan baku daur ulang. Dengan begitu, sampah seminimal mungkin di timbun pada landfill system,” jelas dia.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat