visitaaponce.com

BMKG Gempa Guncang Jembrana Bali, Getaran Terasa sampai Banyuwangi

BMKG: Gempa Guncang Jembrana Bali, Getaran Terasa sampai Banyuwangi
Ilustrasi(MI)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa tektonik melanda Kabupaten Jembrana, Bali, dengan kekuatan M 4,1 pada Minggu (18/2) pagi. Guncangan dirasakan hingga Banyuwangi, Jawa Timur, dan sekitarnya.

"Pusat gempa terletak pada koordinat 8,38 derajat Lintang Selatan dan 114,49 derajat Bujur Timur (BT), atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 12 kilometer barat Jembrana, dengan kedalaman 10 kilometer," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Daryono di Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan gempa bumi tersebut menimbulkan guncangan di daerah Banyuwangi dan Jembrana dan sekitarnya dengan skala intensitas III MMI. Getaran dirasakan nyata di dalam rumah seakan-akan ada truk yang melintas.

Baca juga : Gempa Kalsel, Siswa di Banjarmasin Sempat Belajar di Luar Gedung

Analisa BMKG mendapati gempa tersebut merupakan jenis gempa bumi dangkal yang timbul akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat.

"Sejak pukul 07.45 WIB, BMKG mencatat ada 15 kali gempa susulan, bermagnitudo 2,9," kata Daryono.

Meski demikian ia memastikan berdasarkan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi itu tidak berpotensi tsunami dan belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan.

Baca juga : Gempa Kalsel Berkekuatan 4,8 Magnitudo Berpusat di Borneo

Terlepas dari itu, BMKG tetap mengimbau masyarakat setempat supaya lebih waspada, tetap tenang dan tidak terpengaruh isu terkait gempa yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Selain itu Daryono juga mengharapkan masyarakat untuk memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran yang membahayakan kestabilan bangunan. (Ant/Z-11)

Baca juga : Rasakan Getaran Gempa, Warga Palangka Raya Panik

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat