visitaaponce.com

Keamanan dan Kenyamanan jadi Alasan Kemenag Tidak Anjurkan Umrah Backpacker

Keamanan dan Kenyamanan jadi Alasan Kemenag Tidak Anjurkan Umrah Backpacker
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas (tengah).(Dok. MI/Susanto)

KEMENTERIAN Agama (Kemenag)  melarang umrah backpacker atau berangkat secara mandiri tanpa ada pendamping. Hal itu dikarenakan perjalanan ibadah umrah tidak sama seperti perjalanan liburan ke luar negeri, sehingga perlu adanya perlindungan kepada jemaah yang ingin berangkat ke Arab Saudi.

"Kita sebenarnya ingin melindungi umat yang ingin melaksanakan umrah karena perjalanan umrah itu berbeda dengan perjalanan wisata yang lain ke luar negeri sendiri seperti ke Eropa, Jepang, Afrika, atau Amerika, kemanapun kita bisa lakukan sendiri karena memang tidak ada aturan-aturan dalam melakukan perjalanan itu," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Sabtu (24/2).

Perjalanan ibadah umrah berbeda karena ada aturan-aturan peribadatan yang harus dipenuhi dan tidak semua umat paham tentang hal itu. Maka dibutuhkan pembimbing dalam melaksanakan ibadah umrah

Baca juga : Berbeda dengan Kemenag, MUI Anjurkan Masyarakat untuk Umrah Backpacker

Selain itu, masih banyak juga masyarakat yang tidak memiliki pengalaman sebelumnya untuk ibadah di Tanah Suci misalnya untuk pesan hotel, pesan makanan, melakukan perjalanan dari Madinah ke Makkah, dan faktor lainnya.

"Dari makanan saja yang mungkin berbeda citarasanya dengan di Indonesia banyak hal yang jadi pertimbangan pemerintah kenapa sebaiknya memang umrah backpacker ini dihindari," ujar dia.

Ada banyak pertimbangan untuk memberikan kenyamanan dan kemanan bagi jemaah sehingga perlu pembimbing untuk melaksanakan ibadah umrah. Serta setiap jemaah mendapat panduan mulai dari akomodasi hingga tuntunan pelaksanaan umrah.

"Jadi ada biro umrah atau travel-travel perjalanan ibadah umrah yang saya kira akan siap membantu umat untuk bisa menjalankan ibadah dengan baik," pungkasnya.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat