visitaaponce.com

Mengenal Metode Artroskopi dalam Mempercepat Pemulihan Cedera

Mengenal Metode Artroskopi dalam Mempercepat Pemulihan Cedera
Diskusi kesehatan mengenai metode Artroskopi dalam pemulihan cedera(MI/Sarah Tri Wulandari)

Klinik Utama Dr. Indrajana di Jakarta memperkenalkan terobosan terbaru dalam bidang ortopedi, yakni metode Artroskopi. Metode itu dapat mempercepat proses pemulihan pada atlet  yang mengalami cedera sendi.

Dokter spesialis ortopedi dan traumaologi, Liauw Roger Leo Sp.OT,, mengungkapkan Artroskopi telah mengubah paradigma perawatan cedera ACL (Anterior Cruciate Ligamen) pada atlet. 

 ACL atau  Anterior Cruciate Ligamen adalah kerusakan yang terjadi pada ligamen yang menghubungkan tulang paha dan tulang kering di sendi lutut. Fungsinya adalah untuk mencegah pergeseran tulang kering ke depan tulang paha dan menjaga stabilitas rotasi lutut. 

Baca juga : Hobi Triathlon? Kesehatan Lutut Perlu Perhatian Ekstra

Cedera ini umumnya dialami oleh atlet yang berpartisipasi dalam olahraga seperti sepak bola, bulu tangkis, dan olahraga berat. Meski terdengar menyeramkan, ACL dapat sembuh dengan perawatan yang benar. Untuk itu, para atlet yang mengalaminya tidak perlu khawatir akan kehilangan masa kejayaannya. 

"Atlet yang mengalami cedera ACL dapat kembali ke kondisi puncaknya dengan bantuan Artroskopi. Mereka bisa kembali ke performa terbaik mereka dalam waktu yang jauh lebih cepat," ungkap Roger. 

Nantinya, para atlet yang terkena ACL dalam proses penyembuhannya akan menggunakan rumus 369. Rumus 369 adalah tiga bulan istirahat, enam bulan latihan kecil, dan setelah sembilan bulan, mereka dapat kembali berpartisipasi dalam kompetisi dengan performa terbaiknya. 

Baca juga : Sport Orthopedic Pulihkan Cedera Atlet untuk Kembali Tampil Prima

Dalam mengomentari pentingnya peran Artroskopi untuk mempercepat pemulihan cedera, Roger menegaskan terkena ACL bukan penghalang karier bagi para atlet. 

"Jangan sampai gantung sepatu. Kalau atlet harus gantung sepatu setelah mengalami cedera ACL sekali atau dua kali, itu berarti dunia medis mengalami kemunduran. Karena sekarang dengan kemajuan teknologi medis, terutama Artroskopi, kita memiliki cara yang lebih canggih dan efektif untuk menangani cedera sendi," ucap dokter Roger

Dengan penggunaan Artroskopi, bukan hanya atlet yang dapat kembali ke performa terbaiknya, tetapi juga masyarakat umum yang mengalami cedera sendi dapat menikmati proses pemulihan yang lebih cepat dan efisien. Inovasi ini bukan hanya menjanjikan masa depan yang lebih cerah bagi dunia medis, tetapi juga bagi individu yang mengalami cedera sendi. (Z-5)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat