visitaaponce.com

Sport Orthopedic Pulihkan Cedera Atlet untuk Kembali Tampil Prima

RUMAH Sakit (RS) Royal Progress memiliki salah satu layanan unggulan di bidang sports orthopedic.

Melalui dua fasilitas layanan kesehatan terintegrasi yaitu Royal Sports Medicine Centre (RSMC) dan Royal Sports Performance Centre (RSPC), RS Royal Progress memfokuskan dalam mencegah, mengobati, hingga membantu masa pemulihan bagi seluruh masyarakat, penggiat olahraga, termasuk atlet profesional.

RS Royal Progress siap berperan dalam mewujudkan Indonesia untuk dapat “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” dengan menghadirkan berbagai layanan kesehatan lengkap, didukung tenaga medis profesional yang ahli di bidangnya.

Baca juga : Terapi Terpadu Bantu Pulihkan Cedera Olahraga

“Sebagai institusi layanan kesehatan, RS Royal Progress menyadari bahwa kami memiliki peran besar untuk dapat berkontribusi dalam mendukung prioritas utama dari pemerintah yaitu 'Pulih Lebih Cepat' dan 'Bangkit Lebih Kuat' ,” kata dr. Ivan Setiadarma, selaku Direktur Utama RS Royal Progress dalam keterangan pers, Kamis (22/9).

Selama lebih dari 30 tahun, RS Royal Progress telah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia, khususnya di daerah Jabodetabek untuk menghadirkan layanan kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Salah satunya dengan menghadirkan layanan yang berfokus pada kesehatan olahraga.

Baca juga : RS Pondok Indah – Bintaro Jaya Tangani Pasien Cedera Akibat Olahraga

Pemeriksaan kesehatan fisik merupakan hal yang penting untuk dilakukan sebelum memulai program kebugaran, selain berdampak pada kesehatan secara umum, hal tersebut juga dapat membantu untuk menghindari potensi cedera.

"Salah satu caranya dengan melakukan initial check up seperti fit test yang mencakup latihan kardiovaskular, latihan kekuatan, dan fleksibilitas," ujar dr.Ivan

Untuk itu, RS Royal Progress menghadirkan Royal Sports Medicine Centre (RSMC) dan Royal Sports Performance Centre (RSPC) dalam memberikan layanan kesehatan bagi atlet dan penggiat olahraga.

Baca juga : Teknologi Terkini Tingkatkan Performa Atlet dan Kebugaran Masyarakat

Layanan itu meliputi pencegahan, skrining, pengobatan cedera olahraga, hingga peningkatan kebugaran dan motivasi agar dapat kembali pada tujuan olahraga mereka.

Hal tersebut turut menjadi komitmennya dalam menjawab tantangan dan membawa Indonesia bangkit lebih kuat dan 'Bersama Cetak Juara' pada sektor olahraga.

“RSMC dan RSPC telah dipercaya untuk menjadi partner kesehatan resmi bagi federasi olahraga nasional, serta telah melakukan tindakan medis operasi dan memberikan dukungan physiotherapy hingga ribuan pasien," kata dr. Panudju Djojoprajitno, General Manager RS Royal Progress.

Baca juga : Hobi Triathlon? Kesehatan Lutut Perlu Perhatian Ekstra

"Pada Hari Olahraga Nasional yang jatuh di bulan September, kami juga menjadi partner kesehatan pada berbagai acara olahraga nasional melalui layanan penyediaan tenaga medis sebagai wujud komitmen kami untuk mendukung atlet dan penggiat olahraga agar mampu meraih potensi optimal mereka,” jelas dr. Panudju.

Dalam perannya, Royal Sports Medicine Centre (RSMC) menghadirkan solusi pelayanan medis yang ditujukan bagi penggiat olahraga dan atlet untuk mendiagnosa dengan tepat cedera yang dialami sehingga dapat menentukan rencana pengobatan yang tepat bagi pasien.

Hal tersebut akan berujung pada proses pemulihan dan kesembuhan optimal yang ditangani langsung oleh dokter spesialis orthopedi dan traumatologi.

Baca juga : Mitra Keluarga Cibubur Kini Punya Layanan Atasi Cedera Bagi Pegiat Olahraga

“Cedera olahraga merupakan hal yang sangat krusial bagi atlet profesional maupun penggiat olahraga," ungkap dr. Bobby Nelwan SpOT (K), dokter spesialis orthopedi dan traumatologi.

Konsultan Sports Injury yang berpraktek di Royal Sports Medicine Centre berlokasi di RS Royal Progress, mengatakan seluruh pelaku olahraga wajib berkonsultasi pada dokter spesialis yang ahli di bidangnya.

Tujuannya untuk mengetahui tindakan dan proses penyembuhan apa yang harus diambil sehingga dokter dapat membantu memberikan diagnosa tepat bagi pasien dan membantu proses penyembuhan sehingga dapat melakukan aktivitas olahraga kembali.

Baca juga : Mengenal Metode Artroskopi dalam Mempercepat Pemulihan Cedera

"Salah satu caranya dengan menerapkan metode pengobatan unggulan saat ini yakni Arthroscopy untuk mendeteksi, mendiagnosis, dan mengatasi berbagai masalah pada persendian,” ungkap dr. Bobby.

Sedangkan Royal Sports Performance Centre (RSPC) berperan dalam membantu masa pemulihan dan memaksimalkan performa atlet maupun penggiat olahraga secara holistik dengan pelayanan yang paripurna.

Para atlet akan ditangani secara langsung dan terintegrasi oleh dokter spesialis kedokteran olahraga (SpKO), psikolog olahraga, physical therapist, nutritionist, spesialis akupuntur, serta physiotherapist olahraga.

Baca juga : Mencegah Saraf Kejepit dengan Olahraga

dr. Sophia Hage SpKO dari Royal Sports Performance Centre, menambahkan,“Royal Sports Performance Centre berkomitmen untuk membantu masa pemulihan dan peningkatan performa bagi atlet dan penggiat olahraga melalui serangkaian layanan yang dibutuhkan bagi mereka untuk tujuan olahraganya."

"Seperti program fisioterapi, sport massage, peningkatan performa kebugaran dengan melakukan berbagai sport-specific fit test, konsultasi nutrisi bagi atlet agar tetap prima," jelasnya.

Selain itu, dr.Sophia mengatakan atlet dikembalikan untuk peningkatan performanya melalui kondisi psikis yang baik agar  dapat kembali merasa siap untuk menjadi juara.

"Semua aktivitas diawasi langsung oleh tenaga medis profesional sehingga membantu performa secara efektif dan efisien,” kata dr.Sophia. (RO/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat