visitaaponce.com

Kemendikbudristek Pertegas Komitmen untuk Memperkuat Dunia Film Indonesia di Panggung Internasional

Kemendikbudristek Pertegas Komitmen untuk Memperkuat Dunia Film Indonesia di Panggung Internasional
Direktur Perfilman, Art dan Media Baru Kemendikbudristek Ahmad Mahendra (kanan)(ANTARA/MUHAMMAD ADIMAJA)

INDONESIA akan berpartisipasi dalam Hong Kong International Film and TV Market 2024 pada 10 hingga 14 Maret di Hong Kong Convention and Exhibition Centre, sebuah inisiatif yang menegaskan komitmen Indonesia dalam mempromosikan industri film dan televisinya di tingkat internasional.

Acara tersebut akan mencakup berbagai kegiatan seperti Indonesia Pavilion, Networking Events, Panel Discussion, dan Market Screening bertema “Discover Indonesia”, yang dirancang untuk memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia dan mendukung pertumbuhan industri kreatif domestik.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Ahmad Mahendra, menyambut baik kegiatan ini.

Baca juga : Film Kuyang: Sekutu Iblis yang Selalu Mengintai akan Tayang Perdana 7 Maret

Dia mengatakan pihaknya mengapresiasi dan akan mendukung melalui berbagai inisiatif seperti Indonesia Pavilion, Networking Events, Panel Discussion, dan Market Screening “Discover Indonesia”, hasil kerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta.”

Namun Mahendra menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu dari banyaknya festival film internasional yang akan diikuti oleh Indonesia. Partisipasi ini hanya merupakan bagian kecil dari upaya yang lebih luas yang dilakukan oleh Kemendikbudristek untuk menduniakan film Indonesia.

Tahun ini, Indonesia juga akan berpartisipasi dalam sejumlah festival film internasional dengan skala lebih besar, termasuk Udine Far East Film Festival, Bucheon International Fantastic Film Festival, Festival Film Cannes, dan Busan International Film Festival.

Baca juga : KlikFilm Kembali Jadi Partner My French Film Festival 2024

Kehadiran di berbagai festival ini menegaskan komitmen Indonesia untuk memperkuat posisinya di pasar film global.

Tercatat melalui data Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Indonesia mencatatkan pencapaian yang sangat baik pada tahun 2023, dimana 50 judul film berhasil ditampilkan di 24 festival film internasional di 18 negara.

Pencapaian ini tidak hanya menunjukkan pengakuan yang lebih luas terhadap kualitas film Indonesia, tetapi juga menegaskan posisi Indonesia sebagai pesaing yang kuat di pasar film global, kata Ahmad.

Baca juga : Malia Obama Debut di Karpet Merah Festival Film Sundance

Hal ini juga diakui Vivian Idris, produser Indonesia yang juga merupakan tim koordinasi festival internasional. Dia menyampaikan, “Kita sedang mempersiapkan partisipasi Indonesia di beberapa festival, di antaranya Indonesia akan menjadi Country of Focus, hal ini juga menyusul keberhasilan dari Busan International Film Festival 2023 lalu. Kami ingin mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi tinggi kepada Kemdikbudristek atas dukungan dan komitmennya yang tidak tergoyahkan dalam memajukan industri film Indonesia di kancah internasional."

Dengan langkah strategis dan dukungan penuh terhadap industri kreatif, Mahendra jelaskan bahwa Kemendikbudristek berupaya untuk tidak hanya memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia, tetapi juga untuk menciptakan peluang baru bagi sineas Indonesia di pasar global. 

“Kehadiran aktif di festival film internasional merupakan bukti nyata dari komitmen ini, membawa film Indonesia semakin dekat ke panggung dunia,” tutupnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat