visitaaponce.com

Waspada Cuaca Ekstrem Masih Berpotensi Terjadi Hingga Awal Pekan Depan

Waspada! Cuaca Ekstrem Masih Berpotensi Terjadi Hingga Awal Pekan Depan
Potensi cuaca ekstrem yang masih mengancam sebagian besar wilayah Indonesia(MI/Ramdani)

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem masih berpotensi terjadi hingga awal pekan depan. Berdasarkan analisis cuaca, BMKG mengidentifikasi masih terdapat potensi peningkatan curah hujan secara signifikan di beberapa wilayah Indonesia.

Aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) yang aktif hingga beberapa hari ke depan serta adanya tiga bibit siklon tropis diprakirakan menimbulkan potensi hujan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat dan angin kencang di sebagian wilayah Indonesia hingga 18 Maret 2024.

Adapun, beberapa wilayah yang masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat atau angin kencang pada periode tanggal hingga 19 Maret 2024 yaitu di sebagian wilayah Sumatra Utara, Sumatra Barat, Jambi, Sumatra Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Maluku bagian selatan, dan Papua.

Baca juga : Peringatan! BMKG Tetapkan 12 Provinsi Siaga dan Waspada Cuaca Ekstrem

Selain cuaca, berdasarkan korespondensi dengan UPT Maritim, ada potensi banjir rob yang diakibatkan Fenomena Super New Moon. Wilayah-wilayah tersebut ialah pesisir Sumatra Utara (Belawan), Kepulauan Riau, Lampung, barat dan selatan Banten, utara Jawa Tengah, utara Jawa Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, dan Merauke.

Sedangkan potensi gelombang tinggi dan banjir pesisir, atau coastal surge diakibatkan oleh gelombang alun atau swell dari bibit siklon tropis, berdasarkan pengamatan, terpantau potensi di sepanjang pesisir selatan Jawa, Bali, Lombok, Sumbawa hingga Pulau Sumba serta Pulau Sabu, Pulau Rote - Kupang.

“Untuk itu, masyarakat diimbau untuk tidak panik terkait dengan informasi bibit siklon tropis 91S, 94S dan 93P, namun tetap waspada akan kemungkinan potensi cuaca ekstrem. Masyarakat diimbau untuk terus memonitoring perkembangan peringatan dini cuaca ekstrem melalui kanal informasi BMKG,” ucap BMKG dalam keterangan tertulis, Sabtu (16/3). (Ata/Z-7)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat