visitaaponce.com

Wapres Sarankan Sertifikasi Halal Dilakukan Bertahap

Wapres Sarankan Sertifikasi Halal Dilakukan Bertahap
Wapres Ma'ruf Amin(Antara)

WAKIL Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan target sertifikasi halal bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM)  tidak perlu ditunda. Melainkan dilakukan secara bertahap.

"Tentu bukan menunda, tetapi bagaimana itu proses yang sudah siap langsung diproses sertifikasi halal yang belum siap diedukasi," ujar Wapres disela kunjungan kerja ke Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu, (27/3)

Wapres menjelaskan pelaksanaan sertifikasi produk makanan dan minuman tidak mungkin dapat dilakukan dalam satu waktu saja. Ia juga menyadari penerapan sertifikasi halal bukan persoalan mudah.

Baca juga : Wapres Instruksikan Kemenag Kejar Target 10 Juta Sertifikasi Halal

"Karena itu, harus bertahap tentu. Per tahun itu kita target 10 juta lah, 10 juta," urai Wapres.

Sebelumnya, Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (GAPMMI) mencatat hanya 10 persen dari 1,6 juta pelaku makanan dan minuman kecil yang mengantongi sertifikat halal. Padahal, Peraturan Pemerintah Nomor 39 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal (JPH) mengatur masa penahapan pertama kewajiban sertifikat halal akan berakhir 17 Oktober 2024.

Berdasarkan regulasi JPH, ada tiga kelompok produk yang harus sudah bersertifikat halal. Pertama, produk makanan dan minuman.

Baca juga : Wapres Minta Sertifikasi Halal UMKM Lebih Cepat

Kedua, bahan baku, bahan tambahan pangan, dan bahan penolong untuk produk makanan dan minuman. Ketiga, produk hasil sembelihan dan jasa penyembelihan. 

Namun, banyak pihak terutama pelaku UMKM menilai bahwa target tersebut perlu ditunda, mengingat masih banyak pelaku usaha yang belum siap.  (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat