visitaaponce.com

Berperan di Arus Mudik, Kwarnas Kembali Gelar Karya Bakti Lebaran

Berperan di Arus Mudik, Kwarnas Kembali Gelar Karya Bakti Lebaran
Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka mencanangkan Karya Bakti Lebaran 2024, di Stasiun Gambir, Jakarta, Jum'at (5/4).(Dok Kwarnas Gerakan Pramuka)

BERANGKAT dari pengalaman Gerakan Pramuka dalam membantu masyarakat yang mudik saat Lebaran, Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka mencanangkan Karya Bakti Lebaran 2024, di Stasiun Gambir, Jakarta, Jum'at (5/4). 

Salah satu pelayanan yang diberikan adalah memberikan keamanan dan keselamatan bagi para pemudik. Para Pramuka akan ditempatkan di jalur-jalur arus mudik. Kegiatan ini akan dilakukan pada H-7 dan H+7 Lebaran.

Kegiatan ini merupakan ajang pendidikan kepramukaan dalam bentuk bakti dan partisipasi nyata dan bertujuan meningkatkan kepedulian sosial kepada anggota muda dan dewasa dalam Gerakan Pramuka pada masyarakat, bangsa, dan negara.

Baca juga : Sebanyak 42 Ribu Penumpang Kereta Api Tiba di Jakarta pada H+3

"Gerakan Pramuka harus bertekad dalam membangun generasi muda yang tangguh," kata Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso, di Stasiun Gambir.

Selain itu, lanjut Budi, kegiatan ini juga melatih kepekaan bagaimana kita bisa membantu orang lain. "Ini praktik nyatanya. Kalau bisa dalam berbagai kegiatan di seluruh Indonesia, Pramuka bisa ikut terjun," serunya.

Para Pramuka nantinya membantu petugas-petugas dan aparat kepolisian serta stakeholder yang berhubungan dengan arus mudik dan balik, baik di stasiun kereta, bis, pelabuhan, maupun bandar udara.

Baca juga : KLHK Minta Pemda Kendalikan Sampah Mudik

Para Pramuka bisa membantu masyarakat, terutama memberikan informasi terkait layanan mudik. Ini merupakan salah satu bagian life skills yang bisa diaplikasikan melalui program Karya Bakti Lebaran 2024 ini. 

Budi berharap para anggota Pramuka bisa memanfaatkan momen ini untuk belajar melayani masyarakat dengan sepenuh hati. "Kita akan bisa merasakan bagaimana membantu orang lain. Itu juga adalah bagian dari nilai-nilai dalam kepramukaan yang harus dijunjung tinggi," ujarnya.

Budi Waseso menegaskan Pramuka dididik untuk selalu semangat dan tangguh. Juga menjadi contoh dan teladan.

"Pramuka sejati harus tangguh menghadapi segala tantangan, menggalang kepedulian pada sesama, bersedia berkorban, suka menolong, membantu meringankan beban keluarga, saudara, tetangga, dan masyarakat luas," tukasnya. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat