visitaaponce.com

Idul Fitri Jadi Momentum untuk Kembali Merawat Persatuan

Idul Fitri Jadi Momentum untuk Kembali Merawat Persatuan
Ilustrasi.(ANTARA/ADENG BUSTOMI )

SETELAH menjalani pemilihan umum (pemilu) saatnya masyarakat saling memaafkan dan kembali merawat persatuan terutama pada Idul Fitri kali ini.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menilai Lebaran merupakan tradisi Islam yang unik, yang sarat dengan simbol sosial. Salah satu di antaranya adalah momen untuk meminta maaf.

"Ketika dalam suasana normal kemauan untuk meminta maaf dan memberi maaf itu sulit dilakukan karena adanya sekatan psikologis tertentu. Tetapi dengan adanya momentum Lebaran sekat yang mengeras itu pun jadi melunak bahkan mencair dan melebur," kata Muhadjir saat dihubungi, Rabu (10/4).

Oleh karena itu kata Lebaran juga diberi makna terselesaikan. Artinya urusannya selesai. Sehingga diharapkan momen Lebaran ini menjadi momen saling memaafkan dan terselesaikan segala urusannya serta kembali pada fitrahnya yakni merawat persatuan Indonesia.

"Lebaran juga berarti lebur artinya dosanya hilang. Luber berarti melimpah maksudnya barang berupa maaf yang sehari hari sulit di dapat pada saat Idul Fitri melimpah ruah," ujar dia. (Z-6)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat