visitaaponce.com

BSCF Jadi Tolak Ukur untuk Ikut PCIF

BSCF Jadi Tolak Ukur untuk Ikut PCIF
BEST Student Choir Festival (BSCF) 2024.(DOK BPK PENABUR)

BPK Penabur Jakarta, lembaga pendidikan Kristen di Indonesia, kembali menggelar ajang BEST Student Choir Festival (BSCF) 2024 bagi peserta didiknya selama 3 hari mulai Kamis (18/4) di Aula SMAK Penabur Gading Serpong, Kabupaten Tangerang.

Ajang itu dimaksudkan untuk mengukur kemampuan peserta agar siap berlaga dalam ajang paduan suara internasional Penabur International Choir Festival (PICF) pada September mendatang.

Agustinus Bambang Jusana, pelatih paduan suara, didapuk sebagai art director di ajang BSCF 2024. Dia disebutkan telah memiliki berbagai pengalaman sebagai artistic director dan juri dalam kompetisi nasional maupun internasional.

Baca juga : Kepala BNN: Bernyanyi Dapat Cegah Penyalahgunaan Narkoba

“Pada kompetisi kali ini lagu-lagu yang dipilih tingkat kesulitannya disesuaikan dengan jenjang usia, sehingga para peserta dapat memaksimalkan penampilan mereka. Harapannya tentu untuk menemukan yang paling siap dalam melaju di PICF 2024. Siap dengan latihan yang proporsional, disiplin meningkatkan kemampuan dan repertoire, jam terbang, serta sudah tahu harus mengeskalasi persiapannya sehingga “tahan banting” dalam bersaing dengan paduan suara kelas dunia,” tutur Agustinus.

Agustinus berpesan kepada pemenang BSCF 2024 untuk memaknai dan menikmati setiap proses latihan, “Berlatih keras boleh untuk mencapai target yang diharapkan. Namun, jangan lupa jaga kesehatan karena performa yang baik butuh dukungan dari penyanyinya. Selamat berkompetisi di ajang PICF 2024 mendatang,” tuturnya.

Penabur International Choir Festival (PICF) 2024 keempat yang mengusung tema “Enhance your well-being through choral singing” akan kembali digelar BPK PENABUR Jakarta pada 7-14 September, di SPK PENABUR Kelapa Gading, Jalan Boulevard Bukit Gading Raya, Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara.

Baca juga : Penabur International Choir Festival 2022 Diikuti Perwakilan dari 10 Negara

Sementara pengurus BPK Penabur Jakarta, Purnomo Sigit, ditemui di sela-sela acara BSCF 2024 mengatakan BSCF ialah agenda dua tahunan dari BPK Penabur Jakarta dan diawali sejak 2017. "Ini kesempatan perdana kembali digelar secara offline pasca pandemi covid-19 yang sempat kita selenggarakan secara online,” kata dia.

BSCF menjadi ajang ragam suara yang melantunkan lagu dengan harmoni selaras menghasilkan paduan suara nan indah untuk didengar. Kemampuan komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, dan kreatif (4C) menjadi kunci utama bagi tim paduan suara supaya tampil apik di atas panggung pentas.

“Keterampilan 4C diasah dalam BSCF 2024. Tidak hanya menyanyi, para peserta dilatih untuk fokus dan cerdas dalam mengikuti arahan koreografi pelatih, membangun komunikasi, dan kerja sama yang baik untuk menciptakan paduan suara dengan gerakan yang indah,” ujar Kenny Lim, Ketua BPK Penabur Jakarta. (RO/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat