visitaaponce.com

Wapres Maruf Desak Evaluasi Program Penurunan Stunting

Wapres Ma'ruf Desak Evaluasi Program Penurunan Stunting
Wapres Ma'ruf Amin(Antara)

WAKIL Presiden Ma'ruf Amin meminta evaluasi program penurunan stunting. Hal tersebut dilakukan lantaran melambatnya angka penurunan stunting. 

Evaluasi tersebut dilakukan menyeluruh terhadap program yang sudah dilaksanakan terkait capaian pembelajaran maupun rekomendasi evaluasi. Tujuannya agar program yang sudah dilakukan menjadi prioritas pemerintahan selanjutnya.

"Saya minta faktor-faktor yang menyebabkan capaian penurunan stunting semakin melambat dalam 2 tahun terakhir ini agar diidentifikasi dan dinavigasi fokuskan strategi dan pendekatan pada pencegahan terjadinya stunting baru," kata KH Ma'ruf dalam Rakernas di Kantor BKKBN, Jakarta Timur, Kamis (25/4).

Baca juga : Atasi Gizi Buruk, Pemerintah Laksanakan Program Sidak Stunting

Tentunya tanpa mengurangi intervensi pada anak stunting. Sehingga intervensi diarahkan pada kebijakan yang mempunyai daya ungkit tinggi untuk mempercepat penurunan stunting. Rekomendasi wapres lainnya yakni kolaborasi pemerintah daerah yang perlu dievaluasi.

"Saya minta agar komitmen dan visi pimpinan terhadap program penurunan stunting baik di pusat maupun di daerah tetap terjaga utamanya memasuki masa transisi dan pergantian kepemimpinan di tahun ini," ujar dia.

Diketahui berdasarkan hasil Survei Kesehatan Indonesia (SKI), prevalensi stunting tahun 2023 adalah sebesar 21,5 persen, hanya turun 0,1 persen dari tahun 2022 atau dari target 3,8%. (Z-8)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat