visitaaponce.com

Begini Kondisi Sastrawan Joko Pinurbo sebelum Meninggal Dunia Menurut Sang Istri

Begini Kondisi Sastrawan Joko Pinurbo sebelum Meninggal Dunia Menurut Sang Istri
Jenazah Jokpin disemayamkam di Rumah Duka Perkumpulan Urusan Kematian Jogjakarta (PUKJ) Sonosewu, Kabupaten Bantul.(Dok. Medcom.id)

SALAH satu maestro sastra, Joko Pinurbo meninggal dunia pada Sabtu, 27 April 2024. Jokpin, panggilan Joko Pinurbo, sempat mengalami sakit sejak beberapa hari sebelum menghembuskan napas terakhir.

Istri Joko Pinurbo, Nurnaeni Amperawati, mengatakan suaminya masuk RS Panti Rapih Yogyakarta pada Kamis, 25 April 2024. Jokpin dibawa ke RS karena faktor kesehatan.

"(Bapak Joko Pinurbo) dibawa ke rumah sakit karena kondisinya sesak," kata Nurnaeni ditemui di Rumah Duka Perkumpulan Urusan Kematian Yogyakarta (PUKJ) Sonosewu, Kabupaten Bantul, Sabtu, 27 April 2024.

Baca juga : Ayah Iga Massardi, Sastrawan Yudhistira ANM Massardi Meninggal Dunia

Nurnaeni tak bisa menyampaikan banyak hal dalam kondisinya yang berduka. Ia menilai Joko Pinurbo merupakan sosok lelaki yang tidak pernah berbuat menyakiti keluarga. 

"Pribadinya sederhana dan nggak neko-neko," katanya sembahan menahan sedih dan air mata.

Joko Pinurbo meninggal pada usia 61 tahun. Mendiang Jokpin meninggalkan istri beserta dua anak, Paskasius Wahyu Wibisono dan Maria Azalea Anggraini, serta dua cucu.

Baca juga : Kemendikbud-Ristek Peringati 100 Tahun A.A. Navis

Jenazah Joko Pinurbo disemayamkan di Rumah Duka Perkumpulan Urusan Kematian Yogyakarta (PUKJ) Sonosewu, Kabupaten Bantul. Upacara doa dan penghormatan akan dilakukan misa pemberkatan pada Sabtu sore dan misa requiem, pada, Minggu pagi, 28 April 2024. Pemakaman akan dilakukan di Babatan, Besi, Jetis Yogyakarta setelah ibadah.

Penulis buku kumpulan puisi Pacar Senja itu lahir di Sukabumi, 11 Mei 1962 menghasilkan berbagai karya-karya sastra. Sejumlah karyanya di antaranya beenasa bernas, satire, dan ada yang jenaka.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat