visitaaponce.com

Apa itu Obat Soldextam Yuk Ketahui Kegunaan dan Aturan Pakainya

Apa itu Obat Soldextam? Yuk Ketahui Kegunaan dan Aturan Pakainya
Soldextam adalah obat yang mengandung dexamethasone dan dexchlorpheniramine maleate, efektif dalam mengatasi peradangan dan alergi.(Freepik)

SOLDEXTAM  adalah obat yang sangat efektif dalam pengobatan sejumlah penyakit yang disebabkan peradangan dan alergi

Lalu apa saja kegunaan dan aturan pakai obat ini? Simak penjelasannya.

Apa itu Soldextam?

Soldextam adalah kapsul yang diproduksi Solas Langgeng Sejahtera di Indonesia. Obat ini mengandung bahan aktif dexamethasone 0,5 mg dan dexchlorpheniramine maleate 2 mg.

Baca juga : Anda Punya Alergi? Perhatikan Obat yang akan Anda Konsumsi

Dexamethasone merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi kondisi seperti radang sendi, kelainan darah/hormon, reaksi alergi, kelainan kulit, gangguan mata, gangguan pernafasan, gangguan usus, kanker, dan gangguan sistem imun.

Sedangkan dexchlorpheniramine maleate merupakan antihistamin yang digunakan untuk meredakan gejala alergi, demam, dan influenza. Gejala alergi yang paling umum antara lain ruam kulit, mata berair, gatal, batuk, pilek, dan bersin.

Kegunaan Obat Soldextam

Soldextam digunakan untuk mengobati alergi dalam kondisi Hay fever (rhinitis) parah, asma bronkial kronis, rinitis alergi, dermatitis kontak dan atopik, reaksi kulit terkait obat, serum sickness, konjungtivitis alergi dan keratitis. 

Baca juga : Claritin, Alternatif Pengobatan Alergi Secara Mandiri

Dosis dan Aturan Pakai 

Soldextam harus digunakan sesuai petunjuk dokter, karena termasuk salah satu golongan obat keras. Ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsi obat ini.

  1. Sebelum menggunakan Soldextam, ikuti anjuran dokter  dan baca petunjuk kemasan.
  2. Soldextam tidak boleh digunakan pada pasien yang alergi terhadap salah satu komponen obat.
  3. Tablet Soldextam dapat diminum bersama makanan. Obat ini harus ditelan utuh dan tidak boleh dikunyah, dibelah, atau dihancurkan. Minumlah segelas air dan telan.
  4. Dianjurkan untuk menggunakan Soldextam secara teratur pada jam yang sama setiap harinya. Jika Anda lupa meminum obat, segera minum kecuali jika sudah dekat dengan batas waktu dosis berikutnya. Jika  dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosisnya

Dosis yang dianjurkan dan aturan umum penggunaan kapsul Soldextam adalah sebagai berikut: 

  • Dewasa: Minum 1 sampai 2 kapsul sebanyak 3 sampai 4 kali sehari atau sesuai anjuran dokter.
  • Anak-anak: 1/2 kapsul sebanyak 3 sampai 4 kali sehari juga.

Penting untuk menyimpan obat Soldextam di tempat sejuk dan kering, serta terhindari dari sinar matahari langsung.

Baca juga : Yuk, Kenali Orphen, Bagaimana Efek Samping dan Petunjuk Pemakaiannya?

Efek Samping Soldextam

Soldextam dapat menimbulkan banyak efek samping, sehingga penggunaan obat ini sebaiknya dilakukan sesuai anjuran dokter.

Berbagai efek samping yang terjadi akibat mengonsumsi Soldextam, meliputi retensi garam dan cairan, gangguan saluran cerna, nafsu makan meningkat, proses pertumbuhan terhambat, amenore, kelemahan otot, penglihatan kabur, mulut  kering, kantuk ringan, osteonekrosis aseptik, bahkan hiperhidrosis.

Oleh karena itu, jika Anda mengalami beberapa efek samping di atas setelah mengonsumsi Soldextam, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat