visitaaponce.com

Beijing Berkomitmen pada Kesepakatan Dagang Fase 1 dengan AS

Beijing Berkomitmen pada Kesepakatan Dagang Fase 1 dengan AS
Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi(AFP/KIM MIN-HEE)

MENTERI Luar Negeri Tiongkok Wang Yi meyakinkan Beijing tetap berkomitmen pada kesepakatan perdagangan Fase 1 dengan Amerika Serikat.

"Dia pasti berkomitmen kembali. Di pihak Tiongkok, semua sistem berjalan. Mereka akan memenuhi komitmen mereka," kata Presiden Dewan Bisnis AS-Tiongkok Craig Allen.

Allen mengungkapkan grup yang mewakili 240 perusahaan yang melakukan bisnis di Tiongkok senang dengan kemajuan negara tersebut dalam menerapkan perubahan kebijakan di bawah perjanjian yang ditandatangani pada Januari.

Pada Oktober, pembelian barang-barang AS di Beijing yang ditentukan dalam kesepakatan Fase 1 senilai US$75,5 miliar, sekitar setengah dari tingkat yang seharusnya secara pro-rata tahunan. Hal itu menurut Peterson Institute for International Economics.

"Mereka tertinggal, tapi itu kesepakatan dua tahun," tutur Allen.

"Ini telah menjadi kesepakatan yang berhasil dalam hal mengubah kebijakan Tiongkok yang mencegah level playing field. Itu belum lengkap. Belum selesai, itulah fase 2," imbuhnya.

Baca juga:  Biden tidak Segera Hapus Perjanjian Dagang Fase 1 dengan Tiongkok

Allen mengatakan, anggota dewan Dewan Bisnis AS-Tiongkok menekan Wang pada kepentingan yang tersisa tentang perlakuan yang sama terhadap perusahaan AS, masalah visa dan hak kekayaan intelektual yang ingin ditangani oleh Beijing.

Wang mencatat Wakil Perdana Menteri Liu He akan memimpin negosiasi Tahap 2.

Tetapi Allen berharap dua ekonomi terbesar dunia itu akan memulai negosiasi tentang perjanjian Fase 2 setelah Presiden terpilih AS Joe Biden menjabat pada 20 Januari.(CNA/OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat